Nintendo DSi, Ini Dia Generasi Ketiga Nintendo DS

Kompas.com - 19/02/2009, 22:32 WIB
Editor

TOKYO, KAMIS — Nintendo DSi klaim sebagai terbaru dari video game portabel Nintendo DS akan diluncurkan di Inggris pada 3 April mendatang. Sementara itu, peluncuran generasi ketiga Nintendo seri DS ini hanya tiga hari setelah dirilis di AS.

Namun sebetulnya, Nintendo DSi tidak seutuhnya baru seperti laiknya isi klaim mereka tersebut. Sekilas tampilannya tidak berbeda jauh dengan dua seri sebelumnya, yaitu Nintendo DS dan DS Lite.

Masih dengan layar sentuh, generasi ketiga ini sudah diberi tambahan kamera digital. Satu di bagian luar, satu lagi di bagian belakang jika pengguna memutarnya. Selain itu, Nintendo Dsi juga dilengkapi mikrofon sebagai fitur suara yang bisa merekam suara si pengguna.

Seiring hadirnya kamera, Nintendo Dsi ini juga menyajikan pemutar musik. Ini memungkinkan pengguna menikmati musik hanya dengan mengontrol nada dan tempo irama yang ada di dalam file-nya.

Toh, terbukti melihat fitur yang ada, kiranya tidak banyak perubahan berarti. Kalaupun ada, yang dirasakan paling signifikan adalah pada tambahan slot memori SD card sebesar 256MB. Hal ini akan memungkinkan Dsi bertransformasi ke dalam aplikasi multimedia.

Pihak Nintendo mengatakan, banderol harga untuk generasi ketiga ini sekitar 169 dollar AS atau setara dengan Rp 2 juta. Tipe warna yang berlaku saat ini hanya dua, hitam dan biru. (AP/CVG)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.