Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Eee Top Sudah Hadir di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2009, 15:56 WIB

JAKARTA, RABU — Bosan dengan fisik komputer desktop yang itu-itu saja? Pertimbangkan Asus Eee Top ET1602. Bentuknya minimalis. Bahkan tidak tampak kotak CPU yang besar dan menyita tempat itu. Yang ada hanyalah sebuah LCD yang lebar, 15,6”, ditambah sebuah keyboard dan mouse optik. Ringkas bukan? Maklum saja, ini adalah PC all-in-one. Semua perlengkapan yang biasanya ditempatkan di kotak CPU dikemas di dalam layar LCD-nya.

Enaknya, layar lebar yang terang itu bersifat layar sentuh (touch screen). Jadi, kita bisa menyapukan ujung jari untuk menulis di layar layaknya menulis di atas kertas. Menggambar bebas pun bisa saja, cocok bagi anak-anak. Jika ingin lebih pas lagi, keluarkan saja stylus yang disembunyikan di pinggiran keyboard. Nah, sekarang kita bisa menulis di layar layaknya di buku. Bedanya, yang ini secara vertikal. Anggaplah ini papan tulis atau whiteboard.

Sepasang speaker 4 Watt juga sudah tertanam di LCD. Sebuah Webcam 1,3 megapiksel juga tampak di bingkai tengah atas LCD. Aplikasi khas Asus pun sudah terpasang di dalamnya.

Sesungguhnya secara spesifikasi, Asus Eee Top ini mirip Eee PC. Lihat saja prosesornya yang Intel Atom N270 1,6GHz. Memori DDR-nya pun mentok di angka 1GB. Adapun untuk storage cukup leluasa karena dikemaskan harddisk SATA II 5400rpm berkapasitas 160 GB. Jangan khawatir tidak bisa berjaringan di sini karena juga tersedia satu port Gigabit Ethernet, plus fasiltas Wi-Fi 802.11n. Untuk konektor, tersedia empat port USB 2.0 di bagian depan dan dua lagi di bagian sisi, jack line-in, line-out, dan mikrofon, plus sebuah card reader. Lebih kaya dibandingkan netbook bukan?

Secara keseluruhan, Asus Eee Top ini tampil sangat menarik, dengan LCD superlebar yang bagian bawahnya transparan. Di belakang LCD tersedia tempat untuk menyarangkan keyboard saat tidak dipakai. Pendek kata, ia sangat cocok untuk ditempatkan di tempat di mana saja; termasuk dapur, begitu kata Titi K dari Asus Indonesia. Ini ditambah konsumsi dayanya yang hemat. Pada kondisi aktif, ET1602 menyedot 37 W, dan jika tombol paling kanan di LCD-nya ditekan, sehingga layar mati, daya pun berkurang menjadi 28 W.

Berbobot 4,3 kg, tentu saja LCD ‘berkomputer’ alias all-in-one touch screen PC ini dibanderol seharga 599 dollar AS pada pameran MegaBazaar di Jakarta. Ada dua pilihan warna Asus Eee Top ET1602 yang tersedia: hitam dan putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com