Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia E63, Alternatif Ponsel Kantoran Terjangkau

Kompas.com - 13/04/2009, 09:56 WIB

Nokia E63 mau tak mau harus dikait-kaitkan dengan E71, saudara tuanya. Nokia hanya tinggal menggeser pasar sedikit ke bawah dengan mengurangi kualits material dan beberapa fiturnya. E71 saja sudah laris diembat para pecandu ponsel prduktivitas begitu keluar, apalagi E63 yang dipasarkan dengan harga lebih miring, yang keluar beberapa bulan setelahnya.

Jika keduanya dijejer, E63 memang langsung menunjukkan kelasnya yang tak semewah E71. Kesan “plastik banget” langsung bisa disemburkan kepada E63. Itu karena saudara tuanya itu membungkus diri dengan kemewahan metal yang kinclong. Padahal kalau tanpa dibandingkan dengan kakaknya itu, sepertinya bahan-bahan plastik di tubuh E63 akan oke-oke saja.

Tapi nanti ketika masa-masa bermewah-mewah telah lewat, harga yang lebih enteng dengan fitur-fitur yang tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya akan lebih menarik orang. Dan begitulah yang terjadi pada E63, kehadirannya membuat para pengguna awal E71 agak penasaran untuk mencoba. Dan mungkin juga nanti menyesali keterburu-buruan belanjanya.

Keypad
Tampilan E63 ini tidak “malu-maluin” sebagai ponsel yang harus menemani urusan pekerjaan, apalagi ketika harus bersanding dengan Blackberry yang sedang menguasai jagad perponselan kantoran (dan fashion). Dengan keypad QWERTY posisinya untuk mendukung produktivitas lebih kuat karena mengukuhkan dukungannya untuk difungsikan sebagai komputer genggam.

Dan seperti diberikan Nokia kepada Eseries, keypad ponsel ini alamak nyamannya. Ini masih berkaitan erat dengan produktivitas tadi. Mana bisa tahan bekerja dengan ketak-ketik di keypad yang bikin “bete”?

Dalam soal keypad ini, E63 mirip dengan E71, baik desain maupun kenyamanannya.

Aplikasi
Aplikasi memainkan peran besar untuk ponsel-ponsel kantoran. Dalam E63 yang menggunakan sistem operasi Symbian 9.2 ini ditanamkam cukup banyak aplikasi bersifat Office agar kita bisa mengerjakan tugas-tugas secara mobile.

Ada Quickoffice yang berisi Word, Excel, dan PowerPoint. Untuk membaca file PDF tersedia PDF Reader. Sedang jika harus membuka file yang di-zip disediakan Zip Manager. Untuk mendukung kegiatan terdapat aplikasi-aplikasi Organizer seperti Calendar, Converter, Calculator, Voice Recorder, dan Notes.

Kamus (Dictionary) juga disiapkan jika sewaktu-waktu butuh memahami kata-kata bahasa Inggris. Penerjemahan ke bahasa lain bisa dilakukan dengan mengunduh datanya dari situs Nokia.

Fitur menarik lainnya adalah dukungan pencetakan untuk printer dengan koneksi Bluetooth. Mencetak dokumen bisa dilakukan langsung dari E63 asal printernya punya koneksi Bluetooth. Dalam E63 terdapat setting untuk printer Hewlwtt-Packard yang sudah built-in, siap digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com