Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung CLP-310N, Laser Warna Tipis

Kompas.com - 20/04/2009, 09:32 WIB

Produk yang kecil dan mungil mungkin adalah salah satu obsesi Samsung. Tengok saja desain ponsel dan monitornya yang banyak mengandalkan desain yang tipis. Hal serupa pun bisa kita lihat pada produk printer laser warna terbaru mereka yang disebut CLP-310N.

Sekilas melihat, printer ini mewarisi desain generasi printer laser warna Samsung sebelumnya, CLP-300N. Dari luar, tidak banyak perubahan yang mencolok pada seri CLP-300N. Namun setelah diteliti, bentuk toner pada versi ini sangat jauh berbeda dengan versi pendahulunya. Toner versi baru ini kini muncul dalam bentuk pipih memanjang. Meski toner yang digunakan berukuran kecil, menurut Samsung toner tersebut mampu dipakai untuk mencetak sampai 1500 lembar (hitam) dan 1000 lembar (berwarna) sehingga sangat efisien untuk pemakaian di rumah dan SOHO.

Sebagai printer yang mengutamakan kemudahan mencetak, Samsung tidak menyertakan banyak tombol kontrol selain sebuah tombol power dengan sederetan lampu indikator status printer. Samsung memang mendesain printer ini sebagai printer kategori entry level sehingga kemampuannya juga terbatas.

Baki kertas pada CLP-310N mampu menampung sampai 150 lembar ukuran A4. Sayangnya tidak disediakan slot multipupose untuk menangani pencetakan yang lebih spesifik.

Selain berukuran mungil, CLP-310N tergolong senyap saat mencetak. Ini berkat teknologi NO NOIS yang dapat meredam getaran dan emisi suara sekitar 45 - 47 desibel. Printer juga tetap senyap meski dipakai mencetak dalam jumlah banyak dalam kecepatan tinggi.

Kecepatan terbaik yang dimiliki oleh CLP-310N ini berada pada angka 5 halaman per 26 detik. Sayangnya, kecepatan mencetak printer ini akan melorot saat mencetak grafis/gambar, yakni menjadi sekitar lebih dari 1 menit untuk mencetak 5 halaman saja.

***


Dari segi kualitas, hasil cetak hitam putih Samsung CLP-310N cukup baik. Hasil kurang baik muncul pada pencetakan berwarna di mana pada beberapa bagian dokumen muncul warna yang terlihat agak pudar. Menaikkan setting kualitas cetak grafis pada posisi Best Quality justru menghasilkan warna terlalu tebal dan kurang akurat. Selain itu, pencetakan pada modus ini juga mengakibatkan penggunaan toner menjadi semakin boros. Untungnya, pengguna dapat mengetahui isi toner tersisa via icon smart panel (meskipun tanpa indikator persentase sisa toner). Bagaimana pun juga, upaya Samsung menghadirkan printer laser warna yang kompak dan terjangkau tetaplah menarik, sesuai bagi pengguna yang sudah tidak sabar ingin mengganti printer inkjetnya yang kerap lamban mencetak.

Sumber: InfoKomputer

Hasil Uji

Jika dibandingkan Canon LBP5050, Samsung CLP-310N ini terlihat unggul saat mencetak dokumen monokrom dan warna per satuan. Namun ketika mencetak per 5 halaman, kecepatannya menjadi melorot. Hal ini mungkin disebabkan kapasitas memorinya yang cuma 32MB.

Kecepatan
Samsung CLP-310N
Canon LBP5050
Mono FPOT
11 detik
24 detik
Warna 5 Halaman
1 menit 30 detik
1 menit 12 detik
Mono 5 Halaman
26 detik
44 detik
Teks+grafis 5 halaman
1 menit 29 detik
1 menit
Gambar 5 halaman
1 menit 37 detik
1 menit 2 detik
 
 
PLUS: Kecepatan cetak dokumen memadai; senyap; kompak dan ringan; instalasi mudah; ekonomis.

MINUS: Hasil cetak gambar agak gelap; lamban mencetak gambar/grafis; tidak dilengkapi tray multipurpose.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
-Kinerja : 3,75
-Fasilitas : 4
-Penggunaan : 4
-Harga : 4,5
SKOR TOTAL : 4,03


SPESIFIKASI: SAMSUNG CLP-310N
Metode cetak: Laser warna
Resolusi maksimum: 2400x600 dpi (efektif)
Memori (std/maks): 32MB
Interface: High Speed USB 2.0
Dukungan LAN : Ada
Printer language: SPL-C (Samsung Printer Language Color)
Siklus pakai: 20.000 halaman/bulan
Sistem operasi : Windows 2000/XP/2003/Vista; Linux CUPS; Mac OS 10 keatas
Paper input (maks.): Cassette : 150 lembar
Jenis kertas: Cardstock, Labels, Envelopes, Bond paper, Plain paper, Glossy paper, Recycled paper, Transparencies, Color Laser paper, Glossy photo paper
Ukuran kertas maks: A4
Dimensi (plt): 38,8x31,3x24,3 cm
Berat: 11kg
Konsumsi listrik (aktif/standby): -
Kapasitas toner : 1500 halaman (black), 1000 halaman (cyan), 1000 halaman (magenta), 1000 halaman (yellow)
Kelengkapan:
- Kabel power
- Kabel USB
- CD
- Quick manual
- Toner (C, M, Y, K)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.samsungprinter.com
Harga kisaran*: US$ 309
Harga toner: -
* Samsung Electronics Indonesia, (021) 5299-1777

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com