Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC All-in-One Lenovo IdeaCentre A600 Datang ke Tanah Air

Kompas.com - 28/04/2009, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhirnya PC all-in-one Lenovo IdeaCentre A600 datang juga ke tanah air. PC all-in-one – yang mengintegrasikan LCD dan CPU - memang mulai trend di tanah air. Sebagai informasi, Asus dan HP juga sudah menawarkannya.

Namun menurut Cung Cien (Product and Business Development Manager, Lenovo Indonesia), A600-nya punya beberapa kelebihan. “Desainnya paling tipis di pasar, tebalnya hanya 27mm. Tidak ada batas antara frame dan LCD. Tidak ada tombol di panel, semua diletakkan di sisi kanan, tombol-tombolnya tersembunyi dan sensitif terhadap sentuhan,” terang Cung Cien.

Cung Cien juga menyebutkan keunikan lain dari A600 yang berlayar LCD 21,5” dengan rasio 16:9 dan dukungan Full HD (high definition – 1920x1080) itu. “Remote-nya 4-in-1. Pertama sebagai Windows Media Center, untuk mengoperasikan TV atau film DVD. Juga bertindak sebagai air mouse yang digerakkan dengan mengibaskannya ke atas dan ke bawah. Mouse sebenarnya ada tiga di sini: wireless mouse, touchpad, dan remote. Yang ketiga adalah sebagai VoIP handset. Selain itu juga sebagai perangkat untuk main game interaktif,” jelasnya.

Ada tujuh game seperti tenis dan boling yang disediakan gratis di perangkat ini. Memainkannya memang harus dengan mengayunkan remote 4-in-1 berteknologi Bluetooth tersebut ke arah layar. Maksimal jarak antara layar dan pemain adalah tiga meter.

Kelihatannya adanya remote dan juga penggunaan mouse dan keyboard nirkabel juga menyebabkan tidak dikemaskannya fungsi layar sentuh pada LCD A-600. “Kami belum melihat keperluan untuk pakai layar sentuh karena dari fungsionalitas kustomer tidak menggunakannya dalam jarak 0,5m. Kan sudah ada wireless (mouse dan keyboard), sehingga tidak perlu dekat-dekat (layar) untuk menggunakannya,” kilah Cung Cien.

Fitur yang juga unik adalah tambahan fitur Health care eyesight protection pada layar LCD. Fitur ini berguna untuk menjaga jarak pandang ideal antara mata pengguna dan layar LCD. “Bila terlalu dekat, 15cm misalnya, maka di layar akan muncul notifikasi agar pengguna mengatur postur duduk agar tidak terlalu dekat dengan layar,” terang Cung Cien. Pengaturan tingkat keterangan (brightness) juga akan otomatis dilakukan layar terhadap tingkat cahaya ruangan.

Bagaimana spesifikasi Lenovo IdeaCentre A600? Cukup bertenaga dengan prosesor Intel Core 2 Duo T6600, chipset Intel GM45, SDRAM DDR3 2GB (bisa ditambah sampai 4GB), kartu grafis ATI Radeon HD365- 256MB dan grafis terintegrasi Intel Graphics Media Accelerator X4500, dan harddisk SATA 640GB (bisa di-upgrade sampai 1TB).

Sementara itu kelengkapannya terdiri dari TV tuner internal, 6-in-1 card reader, 6 USB, FireWire, DVD drive yang mendukung Blu-Ray (dengan cara upgrade), Webcam 1,3 megapixel, speaker 2.1 dengan bass subwoofer, Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth, Gigabit LAN.

“Cocok buat kustomer yang tertarik dengan gadget, dan diposisikan sebagai premium PC,” tandas Cung Cien tentang PC all-in-one yang dihargai US$ 1299 tersebut. Harga ini sudah mencakup sistem operasi Windows Vista Home Premium (preload) dan juga teknologi pengenal wajah khas Lenovo, VeriFace, yang memungkinkan pengguna menggunakan wajahnya sebagai password untuk mengakses PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com