Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Horeee...Brawn GP Upgrade Mobil Button

Kompas.com - 04/05/2009, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harapan Jenson Button untuk terus menguasai klasemen sementara pebalap Formula 1 (F1) tampaknya bisa terealisasi. Pasalnya, dia mendapat dukungan penuh dari tim Brawn GP yang telah mengupgrade paketan mobilnya untuk menghadapi GP Spanyol pada 10 Mei nanti.

Saat ini Button memimpin klasemen sementara. Berkat tiga kemenangan pada empat seri perdana F1 musim 2009 ini, pebalap Inggris tersebut mengumpulkan total 31 poin, unggul 12 dari rekan setimnya Rubens Barrichello, yang berada di posisi kedua.

Pengumuman bahwa mereka telah menyiapkan paketan baru untuk mobil Button itu tentu saja cukup menggembirakan, karena sejak seri pertama, tim yang bermarkas di Brackley ini tak pernah memperkenalkan hal itu (upgrade,red). Tetapi dengan adanya konfirmasi pada hari Senin (4/5) tentang paketan tersebut, maka Brawn bakal semakin tangguh saat mulai melakoni musim balapan di Eropa.

"Selagi kami terus berjuang pada balapan beberapa pekan lalu, pabrik terus bekerja keras untuk membaharui paketan mobil BGP 001. Kini, kami menanti hasil pengembangan ini pada balapan di Barcelona akhir pekan nanti," ungkap bos tim, Ross Brawn.

Dengan adanya pengembangan tersebut, Button mengaku semakin percaya diri. Tetapi dia sangat menyadari, mulai GP Spanyol yang menandai awal balapan di Eropa, perjuangannya semakin berat karena semua tim pasti telah melakukan perbaikan setelah mengalami hasil buruk selama balapan di Asia.

"Minggu lalu saya mengunjungi pabrik untuk bersama-sama merayakan pesta kecil kesuksesan kami dalam melakukan pengembangan mobil. Tetapi kami juga sadar, bahwa perjuangan sesungguhnya untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen akan dimulai di sini (Spanyol,red). Meskipun demikian, dengan persiapan yang sudah dilakukan saya yakin kami bisa mengatasi tantangan tersebut," tegas Button.

Selain menempatkan dua pebalapnya di posisi satu dan dua, Brawn GP juga menguasai klasemen sementara konstruktor. Tim debutan yang mengisi posisi Honda--pabrikan asal Jepang ini mundur sebagai akibat dari krisis ekonomi global--tersebut mengumpulkan total 50 poin, disusul Red Bull Racing (27,5 poin) dan Panasonic Toyota Racing (26,5).

Mereka jauh meninggalkan tim-tim elite seperti Vodafone McLaren Mercedes (13), ING Renault F1 Team (5) dan Scuderia Ferrari Marlboro (3).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com