Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YM-an via SMS di Ponsel

Kompas.com - 08/05/2009, 10:31 WIB

Sudah punya akun YM (Yahoo! Messenger) di komputer, dong? Nah, bagaimana jika kita ingin selalu chatting dengan teman, padahal kita tidak sedang di depan komputer? Bisa? Tentu.

Syaratnya mudah saja. Anda cuma perlu ponsel. Tidak penting apakah ponsel itu keluaran jadul. Tidak perlu yang pakai sistem operasi Symbian atau berfitur Java kok.

Cara pakainya sendiri persis seperti kita pakai SMS alias pesan singkat. Basisnya memang SMS. Jadi nantinya di layar komputer teman Anda akan muncul status “I’m on SMS” (kalau Anda sedang online).

Cuma yang perlu diingat, setiap kali Anda mengirimi/membalas chatting teman Anda di ponsel, Anda akan dikenakan biaya SMS oleh operator yang Anda pakai. Karena basisnya SMS, maksimal teks yang bisa Anda ketikkan adalah 160 karakter per SMS.

Saat ini, operator yang mendukung YM di Tanah Air ada empat, yakni Indosat, XL, Telkomsel, dan 3. Kecuali untuk 3, biaya ber-YM di ponsel ini per SMS-nya Rp 500. Kalau operator Anda adalah 3, Anda dikenakan tarif Rp 10.000 per bulan unlimited.

Satu hal yang penting diingat adalah kode operator yang Anda pakai. Jika pakai Indosat, kode operatornya adalah 946. Untuk XL, kodenya 9246, sedangkan untuk Telkomsel 4246, dan untuk Three (3) kodenya 92466.

Caranya
Bagaimana mengaktifkan YM di ponsel? Mudah sekali. Bisa dilakukan via komputer atau ponsel.

Kita lihat yang via ponsel saja ya. Ini cara yang paling mudah, hanya bermodalkan SMS.

1. Pertama-tama, kirim dulu SMS ke operator Anda (lihat daftar operator) untuk mengaktifkan fitur YM. Ketikkan ”in <ID Yahoo!> <kata sandi>”. Bila ID Yahoo! Anda adalah kampung1 dan kata sandi Anda adalah cantik, ketikkan: in kampung1 cantik. Berikan spasi di antara in, ID Yahoo! Anda, dan kata sandi. Dalam hitungan detik, Anda akan menerima balasan SMS berisi ucapan selamat datang di Yahoo SMS Messenger dari operator Anda (kami menggunakan Indosat, dengan ponsel Motorola E398). Jika sebelumnya YM Anda di komputer aktif, YM akan otomatis ditutup dan Anda dialihkan ke YM SMS.

2. Berikutnya, Anda akan menerima SMS tentang jumlah dan ID Yahoo! teman yang sedang online.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com