Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cobalah Fennec, Versi Firefox untuk Windows Mobile

Kompas.com - 18/05/2009, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Pengguna smartphone khususnya yang menggunakan sistem operasi Winodws Mobile kini dapat menikmati keunggulan fitur-fitur browser Firefox melalui perangkat genggamnya. Mozilla Foundation telah merilis aplikasi browser dengan logo kepala kelelawar yang diberi nama Fennec.

Fennec awalnya dibuat untuk bekerja pada Nokia Internet Tablet yang menggunakan Maemo, sistem operasi buatannya sendiri. Untuk Windows Mobile saat ini baru tersedia Fennec versi alfa. Aplikasi ini didesain untuk Windows Mobile 6 meski untuk versi lain tak ada salahnya dicoba.

Saat ini, aplikasi tersebut sudah dapat digunakan namun belum sepenuhnya sempurna. Fennec versi alpha lebih ditujukan untuk pengujian. Meski demikian, Fennec alpha sudah dilengkapi fitur-fitur utama.

Figtur-fitur tersebut mengadopsi Firefox yang dibuat untuk PC desktop seperti add-ons manager, download manager, bookmark folder dan editing, serta fitur untuk menggeser dan membesarkan tampilan. Mozilla juga membenamkan TraceMonkey yang merupakan mesin JavaScript khusus serta jemalloc, memory management library. Sistem tab untuk membuka banyak situs dalma satu jendela seperti pada Firefox juga disediakan meski diubah dalam bentuk thumbnail.

"Kami berharap para pengembang aplikasi pada Windows Mobile dan pengguna bergabung ke dalam komunitas pengembang dan pengguna Mozilla untuk mendukung pengembangan, pengujian, dan perbaikan produk ini," ujar Brad Lassey, salah satu pengembang Fennec.

Bahkan Mozilla juga menyediakan Fennec versi PC/Mac sehingga pengembang maupun pengguna yang tidak memiliki perangkat Windows Mobile tetap dapat berpartisipasi. Informasi, download, dan instalasi baik dari PC/Mac maupun Windows Mobile tersedia di situs Mozilla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com