Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Booting Ubuntu Dijanjikan 10 Detik

Kompas.com - 12/06/2009, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak dulu waktu booting sistem operasi selalu tak pernah berhenti diperbincangkan. Kini, tim pengembang Ubuntu telah menetapkan target baru, yakni booting 10 detik. Waktu yang sangat singkat ini dijanjikan hadir pada Ubuntu 10.04 yang bernama kode karmic+1.

Target 10 detik itu telah diumumkan dalam milis pengembang Ubuntu oleh Canonical’s Scott James Remnant. Remnant mengatakan, waktu 10 detik itu hanyalah perkiraan awal, dan software Ubuntu bisa saja diutak-atik agar sesuai dengan konfigurasi hardware tertentu.

Ubuntu menggunakan netbook Dell Mini 9 – dengan kombinasi SSD yang cepat dan CPU yang lambat - sebagai platform referensi. Menurut Remnant, target waktunya mencakup login ke desktop di CPU dan disk yang idle. Perhitungannya adalah 2 detik untuk kernel, 2 detik untuk driver dan filesystem mounting, 2 detik untuk X.org server dan 4 detik untuk sesi desktop.

Nah kita tunggu saja kehadiran Ubuntu 10.04 yang waktu booting-nya lebih cepat itu. Sebagai pembanding, pengujian dengan Windows 7 64-bit di sistem Core 2 Duo 2,66GHz dengan RAM 4GB mengungkapkan waktu booting 53 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com