Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 3GS Mulai Dijual di 8 Negara

Kompas.com - 19/06/2009, 14:53 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Mulai Jumat (19/6), Apple Inc merilis iPhone teranyarnya di delapan negara. Peluncuran ponsel kali ini menargetkan konsumen yang menginginkan ponsel pintar dengan akses internet cepat.

Seperti peluncuran ponsel-ponsel sebelumnya, penjualan iPhone teranyar ini juga diprediksi bakal menjadi fenomena. Pada pukul 07.00 pagi waktu setempat, Apple membuka secara serentak 211 outletnya di Amrik dan menawarkan dua model baru ponsel iPhone 3GS. Ponsel ini menawarkan fitur video camera dan memori yang lebih besar. Beberapa pengguna iPhone yang rela mengantre pada tahun lalu mengatakan siap untuk membeli produk baru iPhone.

"Apple tidak pernah berhenti melakukan inovasi-inovasi baru," jelas Carol Hannan, freelance advertising director. Sebelumnya dia sudah memesan iPhone 3G S dengan memori 32 gigabyte (GB) seharga 299 dollar AS untuk dikirimkan ke rumahnya hari ini.

Apple yang berbasis di California juga menjalankan strategi baru untuk mendongkrak penjualan. Salah satunya dengan memangkas harga ponsel iPhone 3G dengan memori 8 GB hingga separuh dari harga aslinya menjadi 99 dollar AS. Menurut Analis RBC Capital Market Mike Abramsky, hal itu bisa mendongkrak pengiriman iPhone menjadi 18 juta unit pada tahun ini dan 28 juta unit di 2010.

iPhone 3G S dengan memori 16 GB ditawarkan mulai 199 dollar AS. Analis Piper Jaffray & Co Gene Munster memprediksi, Apple hanya akan mampu menjual sekitar 500.000 unit ponsel sepanjang minggu ini. Jumlah tersebut hanya sepatuh dari iPhone 3G perdana yang dirilis Juli 2008 lalu.

Muster bilang, hal itu disebabkan Apple hanya menjual ponsel model terbarunya itu di delapan negara hari ini. Sementara, pada tahun lalu, rilis ponsel dilakukan di 21 negara. Meski demikian, manajemen Apple bilang, pihaknya berencana untuk menawarkan iPhone terbarunya di lebih dari 80 negara.

iPhone terbaru ini akan menghadapi pesaing lain yang juga merilis ponsel paling sophisticated. Sebut saja ponsel Pre terbaru keluaran Palm Inc dan BlacBerry Tour keluaran Research In Motion Ltd. Ponsel Pre sudah memiliki fitur layar sentuh, slide out keyboard dan operating system WebOS.(KONTAN/Barratut Taqiyyah)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com