Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guitar Hero Bisa Dimainkan Langsung di N97

Kompas.com - 24/06/2009, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ponsel pintar terbaru Nokia N97 tidak hanya memuat fitur unggulan seperti tersedianya Facebook, Twitter, sampai konten Kompas.com, tetapi juga dapat memainkan Guitar Hero, yakni permainan musik (gitar) yang selama ini menjadi kelengkapan antara lain Xbox 360 atau PlayStation (PS) 3.

Tidak seperti pada Xbox 360 atau PS3 yang harus dilengkapi guitar controller (berbentuk gitar), pada N97 games Guitar Hero dapat dimainkan langsung dengan menekan layar sentuh ponsel terbaru yang baru diluncurkan 8 Juni lalu itu.
    
Pada Workshop Nokia yang berlangsung selama dua hari di Bogor, Senin hingga Selasa (16/6), Kompas mencoba kemampuan N97 memainkan Guitar Hero itu, dipraktikkan, bahkan di perlombaan di antara sesama jurnalis yang menjadi peserta workshop tersebut.

Mencoba N97 untuk memainkan Guitar Hero semudah menggunakan Nintendo DS yang juga memiliki games ini. Bedanya, pada Nintendo DS untuk memijit fret atau nada gitar yang diinginkan masih menggunakan tombol. Adapun pada N97, pengguna cukup menekan layar sentuh dengan dua ibu jari atau telunjuk untuk nada-nada yang diinginkan.

Karena memiliki sambungan video, Guitar Hero yang dimainkan pada N97 juga bisa ditampilkan pada layar televisi datar sehingga bisa ditonton bersama. Demikian juga suara musik rock yang diinginkan, dapat didengar secara stereo melalui sound system.

Meski demikian, pengguna N97 bisa memainkan Guitar Hero langsung dari ponsel berlayar 3,5 inci itu di mana pun. Empat “senar” gitar yang harus dipijit dengan menggunakan dua ibu jari atau telunjuk itu bisa langsung disentuh pada layar agar nada-nadanya sesuai dengan ketukan. Tentu saja suara gitar rock juga bisa terdengar jernih dari N97.

Guitar Hero terlebih dahulu harus diunduh (download) dan permainan ini tidaklah gratis. Peminat biasanya diarahkan pada N-Gage sebagai salah satu kelengkapan Nokia khusus untuk games dan memesannya dari vendor tertentu. Guitar Hero sendiri masuk ke dalam genre permainan video musik yang pertama kali dirilis tahun 2005 lalu oleh RedOctane.

Kecuali pada N97 dan Nintendo DS atau PS3, Guitar Hero wajib dimainkan dengan menggunakan gitar mainan (guitar controller) tanpa senar dan hanya ditandai empat warna pada fret-fret tertentu. Fret itu harus dipijit sesuai warna yang muncul dengan tempo lambat atau cepat sesuai irama yang diinginkan.

Jika nada yang dipijit meleset, maka nada gitar yang keluar tidak sesuai yang diinginkan. Jika nada yang diinginkan dipijit secara tepat, nada gitar yang dihasilkan pun sama persis dengan musik rock aslinya. Ketepatan memijit nada yang diinginkan dinilai dan diperhitungkan secara total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com