Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kematian Michael Jackson Bikin Google dan Twitter Ngadat

Kompas.com - 26/06/2009, 18:27 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Trafik internet ke sejumlah situs utama sempat mengalami gangguan begitu tersiar kabar kematian diva pop Michael Jackson. Hal ini karena lonjakan jumlah orang yang mengakses situs-situs tersebut dalam waktu bersamaan.

Situs raksasa sekelas Google pun tank sanggup melayani trafik yang begitu tinggi. Jutaan orang yang mlakukan pencarian mengenai Michael Jackson sempat tak mendapatkan hasil apapun selama beberapa menit.

"Benar bahwa antara jam 14.40 hingga 15.15 waktu Pasifik, beberapa pengunjung Google News mengalami kesulitan mengakses hasil pencarian yang terkait dengan Michael Jackson dan melihat halaman error," ujar Gabriel Stricker seperti dilansir BBC.

Pada saat itulah saat kabar kematian Michael Jackson mulai berembus dan hampir semua orang mencari konfirmasi terutama penyebab kematiannya. Namun, terpaksa pengunjung sitsu Google News harus gigit jari untuk mendapat konfirmasi karena hanya disuguhi tulisan "we're sorry your querry looks similar to automated requests from a computer virus or spyware application."

Halaman Google trend menunjukkan bahwa pencarian dengan kataknci Michael Jackson mencapai volume yang sering disebut hotness dan diberi rating volcanic.

Tidak hanya Google, layanan microblogging Twitter juga sempat mengalami hal serupa. Servernya sempat down akibat derasnya update dari pengguna soal Michael Jackson. Update dan pencarian dengan keyword Michael Jackson meroket dan ada di peringkat teratas. TweetVolume mencatat total ada 66.500 update soal Michael Jackson sebelum server sempat down.

Situs TMZ yang menyediakan berita gosip soal selebriti juga mati. Naiknya kunjungan ternyata juga merembet dan berdampak ke situs lainnya seperti situs Perez Hilton, penulis gosip Hollywood. Situs AOL, CBS, CNN, MSNBC, dan Yahoo juga dilaporkan sempat bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com