Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Terakhir, Persaingan SBY Vs JK

Kompas.com - 02/07/2009, 19:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Debat capres pamungkas digelar Kamis (2/7) malam ini. Debat yang diselenggarakan di Balai Sarbini, Jakarta, ini tampak lebih semarak dengan banyaknya penonton yang datang.

Mantan calon presiden independen, Fadjroel Rachman, mengatakan, debat malam ini akan terjadi persaingan seru antara capres SBY dan JK. Sementara capres yang diusung PDI-P, Megawati, diperkirakan akan tetap terjebak sloganistik.

"Akan terjadi persaingan SBY dan JK," kata Fadjroel, di Jakarta.

Namun, ia menyayangkan tema yang diangkat dalam debat malam ini. Menurutnya, tema "NKRI, Demokrasi, dan Otonomi Daerah" dinilai hambar dan abstrak. "Topiknya 'gado-gado', abstrak, dan cocok untuk dialog, bukan untuk debat. Soal NKRI dan demokrasi akan menyulitkan munculnya perdebatan nanti malam," ujarnya.

Ia melanjutkan, debat akan terjebak situasi normatif dan abstraktif karena tidak ada capres yang berani bicara negara federasi sebagai gagasan potensial selain NKRI.

Sementara isu terpenting demokrasi adalah amandemen kelima UUD, penuntasan kejahatan HAM, dan KKN Soeharto-Orba pasti juga dihindari capres. "Akan ada pengulangan gagasan dengan debat pertama soal pemerintahan dan HAM ketika menyentuh isu otonomi daerah dan demokrasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com