Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelembutan Sentuhan, Tawaran Tablet Pen Wacom Intuos4

Kompas.com - 16/07/2009, 11:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tablet pen sudah bukan mainan para artis komersial lagi. Tapi boleh buat siapa saja, mulai dari artis profesional, amatir, sampai mereka yang hobi fotografi digital. Begitu konsep di belakang tawaran Wacom Intuos4 yang diperkenalkan oleh distributor resmi Wacom, Datascrip, di Jakarta kemarin siang (15/7).

Mereka yang terbiasa menggambar dengan cat air pun akan tertarik dengan produk yang satu ini. Kombinasi antara Intuos4 dan Corel Painter membuat penggunanya nyaris merasakan hal yang sama seperti ketika menggunakan cat air biasa. Bidang tablet adalah kanvas di sini, sedangkan pena menjadi kuas. Tidak perlu kuatir jika Anda bertangan kidal. Kabel USB –nya bisa ditancapkan di sisi kiri atau kanan, terserah kebiasaan Anda.

Berbekal tablet pen Intuos4, wilayah tertentu dari sebuah image bisa dengan mudah dipergelap atau dibuat lebih terang dalam Adobe Photoshop CS4 atau Corel Painter 11 – cocok bagi mereka yang suka menyunting gambar/foto. Tidak perlu kuat-kuat menekan pena ke bidang tablet, karena pena Intuos4 kini mampu merasakan tekanan sebesar 1 gram saja (pada Intuos3 perlu 10 gram), alias lebih sensitif. Tingkat tekanan pun (pressure level) ujung pena pun dilipatgandakan dari 1024 menjadi 2048 agar pengenalan bisa berlangsung lebih presisi, akurat, layaknya sentuhan paintbrush.

Tabletnya sendiri berwarna hitam. Delapan tombol ExpressKey yang bisa diprogram mengelompok di sisi kanan. Fungsi ExpressKey sekarang memamerkan label-label LED yang akan menyala, sehingga pengguna tidak perlu repot mengingat-ingat funsi apa saja yang diaturnya untuk setiap tombol. Sebuah tombol Touch Ring memungkinkan kita mengatur tingkat zoom dan ukuran pena, memutar kanvas, menggulung, dan memilih lapisan hanya dengan menyentuhkan ujung jari.

O ya, tablet pen ini sudah mengemaskan software Adobe Photoshop Elements (versi 6 untuk Mac, versi 7 untuk PC), Corel Painter Sketch Pad, Autodesk Sketchbook Express, dan Nik Color Efex Pro filters. Jadi pengguna bisa langsung menggunakan Intuos untuk berkreasi, termasuk untuk menyunting foto, tanpa pusing dengan urusan software. Untuk menyunting foto, coba gunakan dodge tool di Photoshop atau Painter.

Nah jika ingin belajar menjadi Ansel Adams atau Rembrandt, silakan menjajal Wacom Intuos4. Tablet pen ini tersedia dalam empat pilihan ukuran: 4x6 inci, 6x9 inci, 8x13 inci, dan 12x19 inci. Harganya masing-masing adalah US$ 235, US$ 360, US$ 485, dan US$ 780.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com