Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Menentukan Kelanjutan Hubungan

Kompas.com - 27/07/2009, 09:55 WIB

KOMPAS.com — Setelah berkencan dengan si dia beberapa kali, Anda tiba pada titik mempertanyakan diri, apakah hubungan ini bisa dilanjutkan atau tidak. Bagaimana mengetahuinya? Apakah dia orang yang Anda cari selama ini untuk hidup bersama hingga dipisahkan maut? Keraguan ada, tetapi Anda pun tahu, pria seperti dia tak akan mudah dicari. Seandainya ada jaminan bahwa hubungan Anda akan berhasil?

Coba tilik lagi hubungan Anda dan si dia jika Anda tak ingin membuang waktu pacaran dalam waktu lama. Patti Stanger, pengarang buku Become Your Own Matchmaker: 8 Easy Steps for Attracting Your Perfect Mate mengatakan bahwa ada 3K yang menjadi kunci sebuah hubungan berhasil. Apa sajakah?

1. Kimiawi (Chemistry). Apakah memikirkan si dia akan menjemput Anda sudah membuat deg-degan? Ketika Anda sedang sendiri di kamar, sering kali terngiang tangannya yang lembut membelai pipi? Jika jawaban Anda ya, mungkin Anda sudah merasa nyaman dan ingin melanjutkan dengannya. Jika Anda tak merasa seperti ini dengannya, jangan terlalu cepat berpikir bahwa si dia bukan orang yang tepat. Sebab, seperti biasa, wanita sering kali perlu “pemanasan” dan mencari kepastian dengan menimbang. Sementara pria, mereka cenderung cepat berpikir. Selama Anda berpikir bahwa si dia cukup tampan, baik, menyenangkan, serta memenuhi syarat pribadi Anda dan keluarga, dia adalah kandidat yang bagus.

2. Kompatibilitas. Dalam artian, bagaimana Anda dan dia bisa “berjalan bersama”? Apakah Anda selalu merasa tertekan untuk bisa membuktikan sesuatu kepadanya? Atau apakah si dia membuat Anda merasa sempurna apa adanya? Apakah kalian saling mengerti satu sama lain? Apakah Anda dan dia menyukai/membenci hal yang sama? Kompatibilitas pada dasarnya adalah sama-sama saling menyukai hal-hal mendasar yang perlu dilakukan bersama-sama. Contohnya, Anda ingin memiliki anak, sementara dia sama sekali tidak mau punya anak, ini artinya Anda dan dia tidak kompatibel. Atau mungkinkah ada jalan tengah jika ada masalah?

3. Komunikasi. Renungkanlah, apa Anda bisa bercerita dan bicara kepadanya tentang semua hal? Atau Anda harus berhati-hati untuk bisa mengutarakan isi pikiran Anda? Bagaimana cara Anda dan dia bertengkar? Bagaimana cara Anda menyelesaikan ketidaksamaan visi? Bukan masalah dalam memiliki opini yang berbeda, tetapi amat penting untuk bisa menemukan jalan keluar dari perbedaan yang ada. Pentingnya komunikasi untuk saling mengerti apa yang diperlukan dan dimaui pasangannya. Sebab, jika Anda merasa senang dan dihargai, Anda pun akan memberinya rasa hormat. Begitu juga sebaliknya.

Perbedaan dalam sebuah hubungan adalah baik dan sehat karena ini berarti Anda bisa belajar dari masing-masing. Betapa membosankannya jika pasangan Anda benar-benar seperti diri Anda? Perbedaan kita lah yang membuat segala sesuatunya menarik, bahkan itu adalah hal yang membuat kita saling jatuh cinta. Tiga hal tadi adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memutuskan apakah si dia adalah orang yang tepat atau tidak. Semoga berhasil!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com