BenQ nScreen, Terjangkau

Kompas.com - 28/07/2009, 08:52 WIB
Editor

Pasar All-in-One PC (AiO PC) yang masih muda tak menyurutkan langkah BenQ memperkenalkan PC desktop ringkas bertajuk nScreen. Sebagai AiO PC, penampilan nScreen terlihat menarik dengan lekukan yang sedap dipandang mata. Model nScreen ini tersedia dalam pilihan layar 18,5” (i91) dan 21,5” (i221). Khusus untuk seri i221, ditambahkan peranti handset untuk mendukung komunikasi suara via Skype (VoIP) yang lebih praktis.

Seperti juga PC desktop, nScreen menyediakan koneksi standar seperti USB, LAN, audio, dan speaker internal untuk mendukung multimedia ringan. PC mini ini juga menyediakan Webcam 1,3 megapixel dan fitur Wi-Fi guna mendukung komunikasi via Internet. Asyiknya, antarmuka nScreen juga dibuat ringkas dengan hanya menyertakan sebuah tombol power yang juga berfungsi untuk mengatur level volume.

BenQ juga menyebut nScreen sebagai PC superpraktis karena hanya memerlukan 3 langkah mudah untuk mengaktifkannya. Dengan fisik mirip iMac dan bobot kurang dari 4,2kg, nScreen tidak memerlukan ruang yang besar dan irit listrik. Kalangan rumah tangga dan perkantoran menjadi target pasar dari BenQ nScreen yang diluncurkan Galva Technologies sejak Juni 2009 di Indonesia.

Dibandingkan model AiO PC lain yang ada di pasaran, nScreen ternyata cukup murah karena hanya dijual sekitar US$ 550 untuk tipe i91 (layar 18,5”). Harga tersebut yang sudah termasuk dengan keyboard dan mouse. Rupanya harga yang miring ini akibat digunakannya komponen kelas entry level yang tidak terlalu kencang.

Ya, nScreen hanya memakai prosesor AMD Sempron 210U kecepatan 1,5GHz dan kartu grafis onboard ATi Radeon X1200, optical drive pun masih bersifat optional. Komposisi ini menyebabkan nScreen kurang ideal untuk menjalankan aplikasi berat macam 3D Max atau game 3D yang berat. Menurut pihak Galva Technologies (distributor BenQ), nScreen memang didesain untuk aplikasi ringan dan aktivitas Internet yang tidak mementingkan kecepatan sebagai hal yang utama.

Mungkin di kalangan konsumen muncul keraguan pada produk AiO PC karena paketnya seringkali tak memungkinkan untuk upgrade. Namun hal ini ditepis BenQ karena produk nScreen justru memungkinkan pemakai untuk melakukan upgrade dengan mudah. Tutup bagian belakang nScreen ternyata sangat mudah dibuka dan proses penggantian harddisk atau memori pun bisa dilakukan tanpa harus menggunakan obeng.

***


Untuk aktivitas Internet, komputasi standar, dan 3D ringan, BenQ nScreen berjalan mulus tanpa kendala. Komputasi baru terasa berat jika proses multitasking game berat macam Call of Duty 4 dilakoni. Namun nScreen tetap menarik, utamanya bagi mereka yang lebih menekankan kemudahan pakai. Agar lebih lengkap, BenQ berencana menyiapkan fitur opsi untuk nScreen dengan dukungan DVD-RW eksternal, TV tuner, ataupun juga koneksi data 3G.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Fisik ramping; hemat daya; bobot ringan; koneksi cukup lengkap; LCD dan speaker terintegrasi; bisa di-upgrade.

MINUS: Displai kurang tajam; kinerja grafis lamban.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 3,75
Fasilitas : 3,75
Penggunaan : 4,5
Harga : 4
SKOR TOTAL : 3,95


Hasil Uji
Kami membandingkan performa BenQ nScreen i91 dengan backbone Asus Nova Lite PX24 yang menggunakan prosesor Intel Celeron 1,2GHz. Alasannya, keduanya memiliki segmentasi harga yang mirip. Jika melihat hasil pengujian, Asus Nova Lite unggul termasuk pada kinerja grafis dengan chip ATi RV620LE (HD3450) dibandingkan Radeon X1200 pada nScreen. Namun nScreen i91 unggul dalam kecepatan proses encoding audio dan video.

 

Pengujian

Asus Nova Lite PX24

BenQ nScreen i91

Sysmark 2007

40

-

PCMark Vantage

1173

-

3DMark 2006

1449

312

Cinebench

CPU   : 1060

CPU   : 1185

Encoding Video

50 menit 26 detik

47 menit 29 detik

Encoding Audio

6 menit 4 detik

4 menit 26 detik

 

Spesifikasi BENQ nSCREEN i91

Prosesor

 AMD Sempron 210U  (1,5GHz, L2 1MB, FSB 533MHz)

 

RAM

 1GB, DDR2 800MHz

 

 

Chipset

 AMD M690

 

Kartu Grafis

  ATi Radeon X1200 128MB

 

Harddisk

  160GB SATA II 5400RPM

 

Optical drive

  Opsional

 

Fasilitas

  LAN, USB (6), HD-audio.

 

Layar/Monitor

 LCD 19”

 

Kartu suara

 Realtek ALC269

 

Sistem Operasi

 Windows XP Home SP3

 

Dimensi

 45x19x30 cm

 

Bobot

 4,2kg

 

Garansi

 1 tahun

 

Situs Web

 www.benq.com

 

Harga kisaran*

 US$ 550 (termasuk keyboard + mouse)

         

* Galva Technologies, (021) 345-6650

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.