Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Firefox 4 Dibocorkan Mozilla

Kompas.com - 30/07/2009, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Belum lama meluncurkan Firefox 3.5, Mozilla sudah mulai memasang ancang-ancang untuk Firefox 4. Beberapa foto desain Firefox 4 sudah mulai dibocorkan di Mozilla Wiki.

Dari beberapa desain yang diperlihatkan, salah satu desain memiliki kemiripan dengan Google Chrome. Di antaranya perubahan letak Tab Control di posisi paling atas. Desain tersebut sebenarnya juga akan digunakan oleh Apple Safari 4, tetapi dihapus saat peluncuran final.

Perubahan lain yang tampak adalah standar Menu bar yang hilang dari peredaran, dan letak Page and Tools yang sekarang berada di samping kolom Search. Untuk yang satu ini mirip desain di Microsoft Internet Explorer 7.

Selain hilang atau berpindahnya bar-bar lama, Mozilla juga memasukkan hal baru yang sebenarnya tidak terlalu signifikan yang diberi nama Combo Stop/Refresh/Go Button. Pada salah satu desain yang ditampilkan, terlihat kotak di samping kanan kolom Search yang akan berubah warna sesuai aksi yang diambil. Sebagai contoh, apabila kita ingin masuk ke sebuah situs, maka kotak tersebut akan berubah warna jadi hijau, kalau ingin keluar akan berubah jadi merah.

Dari semua perubahan yang ditunjukkan, salah satu perubahan yang paling disayangkan adalah hilangnya Bookmark Link bar. Perubahan yang satu ini sudah mendapat protes dari pengguna internet karena tidak bisa dibayangkan kalau harus mencari ulang situs-situs lama yang ingin dikunjungi.

Meskipun terlihat banyak perubahan, bukan berarti desain-desain yang ditunjukkan adalah desain akhir. Semua desain tersebut hanyalah desain awal saja, sebuah mock-up, dan belum tentu dipakai di desain akhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com