Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firefox Panen 1 Miliar Kali Download

Kompas.com - 31/07/2009, 10:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Firefox makin membuktikan dirinya sebagai salah satu web browser paling diminati. Hari Jumat (31/7) ini, besar kemungkinan Firefox Web Browser akan mencapai angka 1 miliar kali di-download.

Untuk bisa mengamati sudah berapa kali Firefox di-download, pengguna internet bisa mengunjungi www.spreadfirefox.com dan Twitter feed Firefox. Terakhir kali diamati pada Kamis (30/7), tercatat Firefox sudah didownload sebanyak 999.180.000 kali dan rata-rata bertambah 15 tiap detiknya.

Sebelumnya, pihak Mozilla memperkirakan Firefox baru bisa mencapai angka 1 miliar pada akhir minggu ini, tetapi seiring dengan semakin meningkatnya jumlah download, Mozilla meralat pernyataannya dan memperkirakan Jumat ini sudah bisa mencapai angka 1 miliar. Sebuah situs pendukung yang memiliki Firefox Download Guesstimator juga memperkirakan Firefox akan mencapai angka 1 miliar siang ini.

Perlu diingat bahwa angka 1 miliar yang dimaksud bukanlah jumlah pengguna Firefox, melainkan jumlah segala versi Firefox yang telah diunduh sejak tahun 2004. Melakukan update di situs Mozilla pun dihitung sebagai satu kali download, tetapi proses update yang berlangsung secara otomatis tak akan dihitung sebagai satu kali.

Keberhasilan mencapai angka 1 miliar ini akan menambah jumlah prestasi yang berhasil ditorehkan Firefox. Saat ini Firefox telah menguasai hampir sepertiga pasar web browser. Berdasarkan data Statcounter, Firefox menguasai 30,7 persen. Posisi pertama tetap dipegang Internet Explorer dengan angka 60 persen. Sementara Google Chrome, Apple Safari, dan Opera di bawah 5 persen.

Khusus di Eropa, selisih tingkat kepopuleran antara Firefox dan Interent Explorer lebih berdekatan lagi. Firefox berhasil mencapai angka 40 persen, sedangkan Internet Explorer 47 persen. Sayang di Asia Firefox kurang begitu populer, hanya mencapai angka 23 persen.

Mozilla berencana meluncurkan sebuah situs bernama www.onebillionplusyou.com, di mana pengguna internet bisa melihat prestasi-prestasi yang telah ditorehkan Firefox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com