Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone pun Perlu Dilindungi dari Malware

Kompas.com - 05/08/2009, 18:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya komputer saja, smartphone pun memerlukan proteksi untuk berlinding dari ancaman-ancaman malware (malicious software) seperti komputer. Menanggapi hal tersebut, Kaspersky meluncurkan Kaspersky Mobile Security 8.0 sebagai solusi keamanan smartphone.

"Kaspersky Mobile Security kami ciptakan karena masih ada ketakutan akan device loss, data theft, mobile malware, dan SMS Spam," jelas Director of Mobile Solutions Business Unit Kaspersky Lab, Sergey Nevstruev pada acara peluncuran Kaspersky Security Suite 2010 yang berlangsung di The Cone FX Mall, Jakarta, Rabu (5/8). Kasperksy Mobile Security 8.0 adalah salah satu bagiannya.

Untuk menjawab ketakutan pengguna smartphone, Kasperksy Mobile Security meghadirkan empat fitur penting pada Kaspersky Mobile Security. Fitur yang pertama adalah Anti Spam. Anti Spam merupakan fitur untuk melakukan filtering kepada nomor atau kata yang tidak diinginkan.

Fitur kedua adalah Anti-virus. Untuk fitur yang satu ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Fungsinya tetap sama yaitu untuk melindungi smartphone dari virus, hanya sekarang proteksi berjalan secara realtime dan mampu memeriksa file dengan ektensi zip,sis, dan cmb.

Fitur ketiga adalah Encryption and Parental Control. Sesuai namanya, fitur ini untuk memberikan password pada smartphone agar datanya tidak bisa dibobol dan tidak bisa digunakan anak-anak atau remaja untuk mengakses situs yang berbahaya dan premium call.

Fitur keempat adalah fitur yang paling ditonjolkan pada Kaspersky Security Mobile yaitu Anti-Theft. Anti Theft adalah fitur dari Kaspersky Security Mobile di mana pengguna bisa memblokir dan menghapus isi smartphone melalui pengiriman codeword ke nomor hpnya.

Selain menghapus data, Anti-theft juga mempunyai kemampuan untuk melacak keberadaan smartphone yang hilang melalui SMS Find (khusus untuk smartphone ber-GPS). Setelah mengirimkan pesan dengan password pada ponsel yang hilang, pengguna akan menerima link untuk mengecek keberadaan smartphone via Google Maps.

Fitur Anti-theft masih bisa dilakukan meski sim card telah diganti, tetapi Kaspersky Security Mobile harus dalam keadaan aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com