Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 2330 Classic, Jagoan Email Berharga Terjangkau

Kompas.com - 12/08/2009, 12:32 WIB

Begini-begini, 2330 Classic jago e-mail. Bahkan menu kanan di-default untuk membuka e-mail. Nokia juga menawarkan Ovi Mail, email gratis dari Nokia, untuk pembeli paket ponsel ini.

Ketika pertama kali dipakai, memencet menu kanan akan menawarkan kita untuk menyetel account e-mail. Prosesnya pun gampang. Ketika memakai Ovi Mail, tinggal masukkan alamat e-mailnya, tunggu Nokia melakukan setting secara online, dan My Mailbox siap dipakai.

Cara manual pun mudah. Tinggal masuk ke Messaging > Set up e-mail, lalu masukkan informasi login yang diperlukan. Kita bisa menyetel lebih dari satu account.

Radio
Seperti biasa, radio baru aktif bila headset tercolok. Nokia menyiapkan pintasan radio di tombol *; perhatikan, ada icon bergambar radio di tombol itu. Kita tinggal pencet-tahan tombol untuk menyalakan radio; tentu saja dengan catatan headset sudah terpasang.

Ketika pertama kali dipakai, Nokia 2330 classic menawarkan otomatis tunning dan langsung menyimpannya di Stations. Sayang, Nokia hanya memberikan 5 slot di Stations. Ada Search all stations, tapi sepertinya ini hanya untuk mengganti frekuensi di saluran saja; bukan tunning otomatis untuk mengganti seluruh saluran. Set frequency dipakai untuk ganti frekuensi secara manual.

Kita juga bisa dengarkan siaran radio dari speaker eksternal; pindahkan saja outputnya dengan memilih Loud speaker di Settings. Di sini juga bisa kita setel mono output atau stereo output.

Yang menarik, kita juga bisa merekam siaran tersebut. Caranya pun gampang: tinggal pencet navigasi tengah. Navigasi kiri-kanan dipakai untuk pindah saluran. Sedangkan navigasi atas-bawah dipakai untuk mengatur volume. Hasil rekaman tersimpan di Recordings.

Kamera
Tak ada tombol kamera, tapi navigasi atas di-default untuk membuka Camera. Untuk jepret foto, tinggal pencet navigasi tengah saat Camera aktif.

Setting untuk foto terlihat standar; ada Night mode, Self-timer, dan Img, sequence. Sementara untuk video hanya terlihat Mute. Ada menu untuk pindah dengan cepat antara foto dan video. Tapi cara yang lebih praktis adalah dengan pencet navigasi kiri atau kanan ketika moda tersebut sedang aktif. Navigasi atas-bawah dipakai untuk zoom.

Kita bisa jepret foto dengan Image size maksimal 480x640. Video clip length diberi resolusi standar sebesar 128x96. tapi ada opsi Max. available.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com