Gempa Hentikan Pelayanan Publik di Bekasi

Kompas.com - 02/09/2009, 16:09 WIB
Editor

BEKASI, KOMPAS.com - Gempa yang mengguncang Kota Bekasi sekitar pukul 14.55 WIB, Rabu (2/9), sempat menghentikan pelayanan untuk ratusan warga yang hendak mengurus keperluan di kantor pemerintahan.   
    
Akibat gempa tersebut, ratusan karyawan Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berhamburan keluar gedung dan menghentikan aktivitasnya. "Kekuatannya cukup besar, karena getarannya sangat terasa hingga terdengar suara getaran kaca jendela," kata Mimik, Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, di Bekasi.
    
Gempa yang terjadi selama beberapa detik, sempat membuat seluruh karyawan di kantor Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan KPU setempat berhamburan ke luar gedung dan berkumpul di sekitar lapangan upacara. "Saya takut gedung ini runtuh, karena usianya sudah tua," kata Kartini (37) staf Distarkim.
 
Saat peristiwa berlangsung, terdengar teriakan masyarakat sekitar yang merasa khawatir tertimpa bangunan dan melarikan diri ke sejumlah lokasi terbuka seperti lapangan, dan halaman rumah.
    
Bahkan, arus lalulintas di Jalan Ir H Juanda Bekasi Timur terganggu akibat sejumlah pemakai kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah guna menyaksikan PNS yang saling berhamburan menyelamatkan diri.
    
Berdasar informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala Richter dan berpusat di 142 km Barat Daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa juga dirasakan di Jakarta hingga Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.