Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hentikan Pelayanan Publik di Bekasi

Kompas.com - 02/09/2009, 16:09 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Gempa yang mengguncang Kota Bekasi sekitar pukul 14.55 WIB, Rabu (2/9), sempat menghentikan pelayanan untuk ratusan warga yang hendak mengurus keperluan di kantor pemerintahan.   
    
Akibat gempa tersebut, ratusan karyawan Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berhamburan keluar gedung dan menghentikan aktivitasnya. "Kekuatannya cukup besar, karena getarannya sangat terasa hingga terdengar suara getaran kaca jendela," kata Mimik, Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, di Bekasi.
    
Gempa yang terjadi selama beberapa detik, sempat membuat seluruh karyawan di kantor Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan KPU setempat berhamburan ke luar gedung dan berkumpul di sekitar lapangan upacara. "Saya takut gedung ini runtuh, karena usianya sudah tua," kata Kartini (37) staf Distarkim.
 
Saat peristiwa berlangsung, terdengar teriakan masyarakat sekitar yang merasa khawatir tertimpa bangunan dan melarikan diri ke sejumlah lokasi terbuka seperti lapangan, dan halaman rumah.
    
Bahkan, arus lalulintas di Jalan Ir H Juanda Bekasi Timur terganggu akibat sejumlah pemakai kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah guna menyaksikan PNS yang saling berhamburan menyelamatkan diri.
    
Berdasar informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala Richter dan berpusat di 142 km Barat Daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa juga dirasakan di Jakarta hingga Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com