Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggun C Sasmi Duta Badan Pangan Dunia

Kompas.com - 03/09/2009, 02:09 WIB

AMBON, KOMPAS.com--Penyanyi Indonesia yang sudah go international, Anggun C. Sasmi, ditunjuk sebagai "Goodwill Ambassador" FAO (Badan Pangan Dunia) PBB. Anggun mendapat kepercayaan bergengsi tersebut bersama sejumlah figur terkenal semacam pelari terkenal Carl Lewis dan perancang busana Pierre Cardin.

Rilis Sony-BMG Indonesia yang diterima ANTARA News, Rabu, menyatakan lady rocker era 1980 dan 1990-an itu akan mengemban misi internasional untuk memerangi kelaparan.

Sebagai duta, Anggun yang terkenal dengan tembang hits "Ilusi". akan berpartisipasi dalam upaya global untuk menawarkan bantuan kepada negara-negara dunia ketiga mengentaskan kemiskinan.

Kepercayaan PBB kepada Anggun untuk terlibat dalam program-program utamanya bukan yang pertama kali.

Pada 2005, Anggun ditunjuk sebagai juru bicara "Year of Microcredit" dan juru kampanye kesadaran masyarakat untuk membantu memperbaiki kehidupan orang miskin.

Anggun adalah artis Asia dengan penjualan album terlaris di luar kawasan Asia Timur, tidak seorang pun artis kelahiran Asia dengan angka penjualan album melebihi prestasinya itu.

Albumnya yang berjudul "Snow On The Sahara" meraih puncak tangga lagu di lebih dari 15 negara di seluruh dunia (termasuk Italia).

Dengan angka penjualan album jutaan keping, Anggun juga beberapa kali meraih penghargaan platinum record di Italia, hadiah dan penghargaan internasional, yang membuatnya pantas disebut "Artis Penembus Batas Negara".

Selama berkarir, ia tercatat pernah tampil konser dengan musisi dunia semacam Peter Gabriel (Genesis), Pras (The Fugees), Michael Bolton, Julio Iglesias, Zucchero, Piero Pelu.

Pada 2010, Anggun dijadwalkan membintangi sebuah film yang akan digarap sutradara kondang peraih Oscar, Claude Lelouch.

Album terbarunya yang berjudul "Elevation" sukses di sejumlah negara.

Terkait peran sebagai Goodwill Ambassador Badan Pangan Dunia, Anggun mengatakan, "Saya tidak akan merasa lelah untuk terus memerangi kemiskinan dan mendukung seluruh kegiatan FAO di seluruh dunia, demi membantu orang-orang miskin agar mampu berupaya keluar dari persoalan mereka, terutama yang di akar rumput."

Bulan depan, tepatnya tanggal 16 Oktober, artis asal Indonesia ini akan menghadiri Festival Film Internasional Roma, dan tampil berbicara dalam kampanye "TeleFood Campaign Agains Hunger In The World".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com