Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kereta Wisata

Sepur Kluthuk Jaladara Resmi Beroperasi

Kompas.com - 28/09/2009, 11:10 WIB

Solo, Kompas - Impian Pemerintah Kota Solo untuk menghidupkan kembali jalur kereta api yang melintasi dalam kota kini terwujud. Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal meresmikan pengoperasian kereta wisata yang menggunakan kereta uap kuno tersebut pada Minggu (27/9).

Pengoperasian kereta uap yang menggunakan lokomotif warna hitam jenis C1218 buatan Jerman tahun 1896 tersebut dilaksanakan secara simbolis di rel kereta api di depan rumah dinas Wali Kota. Pemkot Solo menamakan kereta wisata itu Sepur Kluthuk Jaladara.

Ditandai dengan pembukaan selubung yang menutup badan kereta dan pemecahan kendi, Menhub didampingi Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan pengoperasian sekaligus menggunakan Sepur Kluthuk Jaladara melintasi sebagian Jalan Slamet Riyadi Solo.

Saat kereta api tersebut berjalan, Menhub, Wali Kota, dan Wakil Wali Kota melambaikan tangan kepada ratusan masyarakat yang datang melihat dari dekat pengoperasian kereta wisata tersebut. Lokomotif hitam besar yang menarik dua gerbong kayu kuno menjadi tontonan masyarakat.

Ide pengoperasian kereta wisata tersebut disampaikan Wali Kota Solo kepada Menhub sejak dua tahun lalu saat memantau mudik Lebaran. Jusman berharap rute kereta wisata ini tidak hanya melintasi Kota Solo, tetapi diteruskan hingga ke Wonogiri.

"Beliau (Joko) memaparkan rencana bagaimana kalau jalan kereta api yang membelah Kota Solo ini, satu-satunya jalan kereta api yang masih tersisa dan masih ada, dihidupkan kembali dan dioperasikan kereta api yang juga sudah tua, untuk memperlihatkan bahwa di Solo antara masa lalu, masa kini, dan masa depan bertemu dan menjadi bagian penting," ujar Menhub.

Menhub memberikan apresiasi terhadap prakarsa Joko Widodo menghidupkan kembali jalur kereta api di tengah Kota Solo. Dia berharap inisiatif seperti itu diikuti pimpinan daerah di tempat lain dengan menampilkan keunikan di daerah masing-masing.

Sepur Kluthuk Jaladara juga merupakan kereta uap yang tadi dioperasikan di Jalur Ambarawa-Jambu, Bedono, dibawa ke Solo. (SON)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com