Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Iklankan Benchmark, Oracle Didenda TPC

Kompas.com - 01/10/2009, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Gara-gara iklan tentang kinerja software-nya yang berjalan di server Sun Microsystem, Oracle dituntut TPC (Transaction Processing Performance Council) untuk membayar denda sebesar US$$ 10.000.

Organisasi nirlaba di mana Oracle menjadi salah satu anggota ini menentukan benchmark pemrosesan dan database transaksi, yang digunakan sebagai sumber informasi tentang kinerja sebuah produk. Perusahaan anggota sepakat untuk mengikuti peraturan tentang bagaimana mereka bisa menggunakan data TPC untuk keperluan publikasi.

TPC mengatakan bahwa dalam iklan yang dipasang di Wall Street Journal dan Economist, Oracle menyatakan bahwa kombinasi sistem dari Oracle dan Sun akan bekerja lebih cepat dibandingkan sistem dari IBM. Ini didasarkan pada angka-angka benchmark TPC-nya. Oracle mengatakan hasil benchmark akan tersedia pada 14 Oktober.

Namun TPC mengatakan pihaknya tidak tahu-menahu tentang hasil seperti itu. “Oracle belum menyerahkan bukti-bukti apa pun ke TPC untuk mendukung hasil yang diklaimnya,” kata TPC.

IBM lalu mengajukan complain tentang iklan itu ke TPC. Begitu kata kelompok tersebut. Oracle telah diminta untuk tidak memasang iklan itu lagi dan untuk menghapus situs Web yang dirujuk oleh iklan tersebut. Situs itu, di www.oracle.com/sunoraclefaster, tidak lagi bisa diakses sekarang.

Oracle, Microsoft, Intel, HP, AMD dan lain-lain, membayar US$15.000 per tahun untuk menjadi anggota kelompok TPC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com