Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Proyektor Epson Terbaru Jeli Merespon Pasar

Kompas.com - 07/10/2009, 08:55 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Jika dilihat sekilas, trio proyektor Epson yang diluncurkan Epson Indonesia, Selasa (6/10) malam, bisa dikatakan tanpa terobosan baru. Namun pada faktanya, kebutuhan terbaru dari pasar Indonesia dijawab dengan jeli di setiap produknya; EB-S7, EB-X7, dan EB-W8.

Dalam acara peluncuran varian ini bersama varian mesin pencetak (printer) dan pemindai (scanner), Presiden Direktur Epson Indonesia Hirasaki Michiya mengatakan setiap varian proyektor yang diluncurkan Epson disesuaikan dengan masing-masing target pasarnya, yaitu segmen dunia pendidikan, perusahaan, dan pemerintahan.

"Perkembangan pasar di Indonesia untuk proyektor berkembang cepat," tuturnya. Menanggapi perkembangan itu, Hirasaki mengatakan Epson berniat meraih posisi pertama di Indonesia. Oleh karena itu, riset terhadap kebutuhan pasar menjadi acuan utama untuk meluncurkan trio proyektor ini di masing-masing varian XVGA, SVGA, dan WXGA.

Menurut riset yang disimpulkan Epson, masing-masing segmen membutuhkan proyektor dengan contrast ratio 2000:1, berat di bawah 2.5 kilogram dan ketahanan lampu 4.000 jam dalam kapasitas low brightness. Yang membedakan hanyalah dunia pendidikan membutuhkan proyektor dengan VGA minimal 2.000 lumens, sedangkan korporat dan pemerintahan minimal 2.200 lumens.

EB-S7 diletakkan pada segmen SVGA yang biasanya menjadi pilihan dunia pendidikan, EB-X7 untuk korporat dan pemerintahan sedangkan EB-W8 untuk menjawab kebutuhan maximum wide range di korporat atau pemerintahan.

Ketiganya memenuhi masing-masing kebutuhan segmen dengan kapasitas VGA antara 2.200-2.300 lumens dan berat rata-rata 2.3 kilogram. Ketahanan lampu pun mencapai 5.000 jam. Ketiganya juga sama-sama dilengkapi dengan teknologi 3LCD yang membuat proyeksi gambar bisa lebih tajam.

Masing-masing proyektor yang memiliki berat 2.3 kilogram ini pula dilengkapi Epson-Twin Optimized Reflection Lamp (E-TORL) yang memungkinkan penghematan energi sebesar 20 persen dan biaya operasional. Teknologi ini juga menawarkan penggunaan lampu hingga 5.000 jam.

Dari segi body, ketiganya juga tampak unik. Ventilasi exhaust tak terletak di sisi kanan seperti biasanya namun diletakkan di bagian depan. Kenyamanan pengguna yang duduk di sisi proyektor bisa terjamin. Sementara itu, sama dengan teknologi yang sudah dilakukan proyektor lain di kelasnya, pengguna dapat memaksimalkan speaker yang terintegrasi pada saat menonton, bermain games atau saat presentasi.

Dilengkapi USB Display Khusus untuk EB-W8, dengan teknologi Auto Keystone Correction, proyektor mampu mendeteksi dan memperbaiki distorsi yang mungkin ada. Menariknya, proyektor ini juga dilengkapi fitur USB Display sehingga dapat meminimalisir penggunaan kabel VGA yang memakan tempat. Gambar-gambar berformat JPEG dapat juga langsung dimainkan dalam slideshow langsung dari perangkat penyimpan data USB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com