HTC Magic, Android Pertama yang Resmi Masuk Indonesia

Kompas.com - 26/10/2009, 11:19 WIB
Editor

KOMPAS.com — HTC menggandeng Telkomsel sebagai provider eksklusif untuk Indonesia. Menariknya, HTC tidak me-lock Magic untuk nomor Telkomsel. Ini berita gembira untuk yang ingin mempertahankan nomor provider lain yang sudah dimiliki, meski bonus dari Telkomsel tidak bisa dinikmati. Namun, rasanya sayang juga lho jika melewatkan bundel perdana SimPATI PeDe yang menggratiskan 300MB per bulan selama 6 bulan, berlaku sampai 31 Desember 2009! Apalagi jika termasuk 500 pelanggan pertama, mereka akan menerima bonus MicroSD 8GB.

Desain
Magic mewarisi bodi bawah melengkung seperti yang ada di Dream. Cuma yang ini lengkungannya lebih halus dan lebih mulus. Begitu pula pemakaian layar sentuh resistif dan trackball navigasi.

HTC memasang lebih banyak tombol di bawah layar sentuh untuk Magic. Persis di bawah layar berderet tombol Home (gambar rumah), tombol menu (teks MENU), tombol Back (gambar panah melengkung ke kiri), dan tombol Search (gambar kaca pembesar). Jangan lupa, ada trackball di tengah. Di bawahnya lagi, ada tombol Call dan tombol End call (sekaligus tombol On-Off).

Secara keseluruhan, penampilannya terlihat simpel. Hanya ada port mirip USB mini di sisi bawah dan tombol volume di kiri bodi. Lalu, kamera di belakang bodi.

Ukuran bodi terasa pas digenggam. HTC menyiapkan 2 pilihan warna utama untuk cangkang, yaitu putih dan hitam. Permukaan cangkang yang licin mengilap memang berkesan elegan. Namun, di sisi lain agak mengganggu estetika karena permukaan seperti ini sangat mudah menyisakan bekas tangan.

Layar sentuh dan "home screen"
Seperti halnya iPhone 3G, input ke layar sentuh Magic harus memakai jari. Sebab, HTC memakaikan layar sentuh resistif. Inilah alasan menghilangnya stylus dari Magic.

Jika pernah melihat home screen 3D pada iPhone 3G, Samsung Ultra Touch, atau LG Renoir, maka di Magic pun ada. Bila layar "digesek" ke kiri atau ke kanan, akan muncul home screen baru. Secara default, home screen kiri kosong, dan home screen kanan memuat bar Google Search.

Home screen utama memuat deretan ikon Games, TSEL Blog, Browser, dan Mail di sisi bawah layar. Plus jam besar tepat di tengah sisi atas layar. Namun, perlu dicatat bahwa ini tampilan home screen ketika memakai SIM dari Telkomsel. Normalnya, di home screen berderet Dialer, Contacts, Browser, dan Mail. Agaknya ada mekanisme tertentu yang mengenali SIM yang dipasang, lalu Magic menyesuaikan home screen.

Shortcut dan widget bisa ditambah atau dibuang. Untuk menambahkan, pencet saja tombol Menu, pencet Add, lalu pencet Shortcuts, Widgets ataupun Folders. Cara yang lebih praktis adalah buka menu utama, pencet-tahan ikon sampai menu utama menutup sendiri, lalu lepaskan ikon itu di home screen.

O ya, untuk memunculkan menu utama, pencet saja tanda panah pada tab yang ada di sisi bawah layar. Atau gesek-tarik tab ke arah atas. Untuk membuang dari home screen, pencet-tahan sejenak ikon hingga muncul gambar tong sampah di sisi bawah layar, lalu seret ikon tersebut ke tong sampah. Sedikit catatan: ketika artikel ini ditulis, Sinyal belum menemukan cara untuk menata ulang letak ikon dalam home screen. Magic juga memiliki papan ketik virtual dengan predictive text. Dengan ini, pengguna bisa input karakter bahasa China dan handwriting.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.