Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google: Kami Tak Membuat Ponsel

Kompas.com - 02/11/2009, 08:13 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Rumor yang mengebut-nyebut Google bakal membuat model ponsel sendiri kembali ditepis. Hal tersebut dipastikan Andy Rubin, kepala pengembangan software Android, sistem operasi berbasis open source yang disediakan Google untuk smartphone, netbook, dan berbagai perangkat elektronik.

"Kami tidak membuat hardware. Kami membuat sesuatu yang memungkinkan semua orang membuat hardware," ujar Rubin seperti dilansir CNET. Belum lama ini berhembus rumor bahwa Google berencana membuat ponsel sendiri dengan platform Android tahun ini dengan melakukan kerja sama langsung bersama penyedia jaringan telekomunikasi.

Rumor bahwa Google akan memproduksi hardware sendiri sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya muncul isu Google akan merilis Gphone namun ternyata perusahaan raksasa search engine tersebut merilis Android pada November 2007.

Model bisnis yang dianut Google ternyata tidak seperti Apple yang mendesain siftware sekaligus hardware sendiri misalnya iPhone. Namun, strategi yang diterapokan adalah dengan menerapkan volume licensing dengan menjalin kerja sama bersama vendor hardware dan penyedia jaringan telekomunikasi. Rubin memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengubah model bisnis Android dan tidak mungkin bersaing dengan pelanggannya sendiri dengan membuat ponsel sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com