Presiden Lantik Lima Wakil Menteri

Kompas.com - 11/11/2009, 10:10 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik lima wakil menteri yang akan ditempatkan di departemen yang dinilai memiliki beban berat selama lima tahun mendatang.

Lima wakil menteri itu dilantik pada upacara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/11), pada pukul 09.00 WIB. Presiden dalam upacara pelantikan itu juga menyaksikan pengucapan sumpah jabatan dari lima wakil menteri yang dilantik.

Lima wakil menteri itu adalah Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, dan Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun. Mereka adalah pejabat karir dari departemen masing-masing.

Selain melantik lima wakil menteri, Presiden pada Rabu juga melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan.

Menurut rencana, Presiden akan mengangkat wakil menteri di 11 departemen yang dinilai memiliki beban berat pada pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II, periode 2009-2014.

Pengangkatan wakil menteri didasari oleh pasal 10 UU Nomor 29 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang mengijinkan Presiden untuk mengangkat wakil menteri di departemen yang dianggap perlu.

Pelantikan wakil menteri selain dihadiri Wakil Presiden Boediono, juga dihadiri oleh menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu Kedua.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X