Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Lantik Lima Wakil Menteri

Kompas.com - 11/11/2009, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik lima wakil menteri yang akan ditempatkan di departemen yang dinilai memiliki beban berat selama lima tahun mendatang.

Lima wakil menteri itu dilantik pada upacara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/11), pada pukul 09.00 WIB. Presiden dalam upacara pelantikan itu juga menyaksikan pengucapan sumpah jabatan dari lima wakil menteri yang dilantik.

Lima wakil menteri itu adalah Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, dan Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun. Mereka adalah pejabat karir dari departemen masing-masing.

Selain melantik lima wakil menteri, Presiden pada Rabu juga melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan.

Menurut rencana, Presiden akan mengangkat wakil menteri di 11 departemen yang dinilai memiliki beban berat pada pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II, periode 2009-2014.

Pengangkatan wakil menteri didasari oleh pasal 10 UU Nomor 29 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang mengijinkan Presiden untuk mengangkat wakil menteri di departemen yang dianggap perlu.

Pelantikan wakil menteri selain dihadiri Wakil Presiden Boediono, juga dihadiri oleh menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu Kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com