Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntas, Uji Lengkap Interoperabilitas LTE

Kompas.com - 26/11/2009, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji interoperabilitas LTE (long term evolution/4G) lengkap pertama di pita frekuensi 2100MHz telah dituntaskan dengan sukse oleh Nokia Siemens Networks (NSN) dan LG di Jepang. Pita frekuensi dipilih 2100MHz, karena diperkirakan di situlah nanti spektrum LTE komersial akan diimplementasikan.

Pengujian ini melibatkan beberapa langkah dalam konfigurasi jaringan lengkap berbasis hardware LTE komersial, termasuk produk Base Station Multiradio Flexi, Flexi dan Flexi NG evolved packet core, dan software sesuai standar, serta LG LTE Datacard USB. Uji dilakukan di LTE center of competence NSN di Oulu, Finlandia, dengan dukungan dari tim R &D di Ulm, Jerman.


Pada langkah berikutnya, pengujian lapangan dengan terminal LTE LG akan dimulai di jaringan pengujian NSN di Espoo dan Ulm, yang diikuti oleh pengujian di jaringan operator. Uji coba juga akan diperluas sehingga mencakup frekuensi-frekuensi lain seperti 2600 MHz dan AWS/700 dalam beberapa
bulan mendatang.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan LTE komersial bagi para operator jaringan, dan pengalaman broadband baru yang lebih cepat dari sebelumnya bagi para pengguna. Keberhasilan pengujian interoperabilitas membawa kami untuk lebih dekat lagi menuju komersialisasi LTE”, kata Marc Rouanne (Head of Radio Access, Nokia Siemens Networks).

NS N berkomitmen mendorong pengadopsian LTE komersial mulai tahun 2010, dengan solusi lengkap yang menyediakan jalur menuju LTE yang mudah, hemat biaya dan teruji di masa depan, hanya melalui upgrade software.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com