Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dell "Ngoprek" Chrome OS ke Netbook Mini 10v

Kompas.com - 01/12/2009, 08:31 WIB

KOMPAS.com - Tak lama setelah Google merilis source code Chrome OS (proyek Chromium), banyak orang mulai meng-oprek cikal bakal sistem operasi terbaru yang sedang dikembangkan Google itu. Salah satunya Dell, yang menguji coba Chrome OS untuk netbook buatannya.

Dalam artikel blognya yang ditulis pekan lalu, Doug Anson, technology strategist Dell, merilis hasil eksperimen Chrome OS yang dibuat bersama koleganya. Namun, untuk sementara sotware tersebut baru jalan di netbook Dell Mini 10v.

Anson menyediakan USB key image file yang dapat digunakan untuk menginstall Chrome OS. Versi ini sudah mendukung adapter Wii Broadcom untuk terhubung ke internet. Chrome OS memang didesain sebagai sistem operasi berbasis web sehingga semua aplikasi jalan secara online dan tidak membutuhkan media penyimpanan lokal seperti hardisk yang besar.

"Tanpa koneksi ke jaringan, Chromium OS tidak menarik sama sekali. Dengan koneksi ke jaringan, Chromium OS bersinar," ujar Anson. Ia mengaku sotware yang disusunnya dari source code Google itu masih banyak kekurangan dan belum stabil namun fungsi utamanya berjalan.

Salah satu kekurangan waktu booting yang mencapai 12 detik. Saat mengumumkannya, Google berambisi menetapkan target booting hanya 7 detik. Waktu yang dibutuhkan untuk terhubung ke hotspot juga cukup lama 5-10 menit. Selain itu, file yang disediakan berukuran besar sekitar 8 GB dan harus diunduh dari internet.

Google sendiri saat ini masih menyempurnakan sistem operasi tersebut dan menetapkan target untuk merilisnya akhir 2010. Sejumlah vendor hardware pun digandeng untuk menbundel Chrome OS antara lain Acer, Adobe, ASUS, Freescale, Hewlett-Packard, Lenovo, Qualcomm, Texas Instruments, dan Toshiba. Dell malah belum masuk dalam daftar mitra Google untuk pengembangan Chrome OS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com