Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RockeTalk: "Content Provider" Gratisan, Lengkap Buat Gaul

Kompas.com - 07/12/2009, 11:53 WIB

Belakangan ini banyak content provider yang menawarkan berbagai fitur chat, download, wallpaper, ringtone, game dan sebagainya. Masing-masing terbentuk dalam layanan yang terpisah dan menggunakan nomor pendek berbiaya premium. Per pesan bisa memakan pulsa dalam ribuan rupiah. Lumayan menguras pulsa kalau sering dipakai.

Kalau Anda suka memakai layanan-layanan konten seperti itu ada satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat pulsa. Namanya RocketTalk. RockeTalk ini adalah aplikasi gratisan berbasis Java dan Symbian yang dikembangkan sebagai platform media sosial dengan beragam layanan multimedia yang mudah digunakan.

Untuk memanfaatkan aplikasi ini pengguna bisa membuat berbagai kombinasi teks, suara, foto, atau pesan video, saling berbagi kontak, bergabung dalam komunitas, chat dengan rekan, serta akses ke berbagai fitur hiburan dan konten. Pembuatan konten dan konsumsinya tidak melulu harus dari ponsel ke ponsel. Tapi juga dimungkinkan pengiriman lintas platform dari komputer atau ponsel ke komputer atau ponsel lainnya.

Mari kita intip beberapa fitur yang diusung RockeTalk.

Mencari Teman Baru
RockeTalk menyediakan fitur pencarian teman baru. Untuk mencari teman, Anda tinggal memasukkan beberapa kriteria yang ingin Anda cari. Pencarian bisa didasarkan atas umur, jenis kelamin, negara, status atau nama.

Hasil pencarian akan langsung menampilkan nama berikut foto, profil dan suara dari pengguna lain yang kriterianya sama atau mirip dengan yang Anda cari. Kalau tertarik untuk berkenalan dan berteman dengan seseorang di hasil pencarian, Anda bisa langsung berkomunikasi dari aplikasi.

Komunikasi Suara, Teks dan Multimedia

Komunikasi –entah itu hasil dari pencarian teman baru atau rekan lama yang telah diketahui ID-nya– bisa dilakukan berupa pesan multimedia atau suara. Perekaman suara bisa dilakukan hanya dengan menekan satu tombol dan diakhiri dengan menekan tombol Send. Penggunaan ini mirip dengan walkie talkie. Bedanya, Anda juga bisa menyisipkan foto, video dan teks juga layaknya MMS.

Galeri Download
Di menu Fun Stuff Anda bisa mengunduh ringtone, wallpaper, video atau game keren. Cara mengunduhnya sangat mudah. Anda tinggal memilih konten yang ingin Anda unduh. Apalah itu Ringtone, Greetings, Wallpaper, Videos atau Games. Anda bisa melihat konten-konten yang telah diunggah oleh pengguna lain dan semua konten itu bisa Anda unduh kapan saja.

Konten yang Anda temukan itu tidak cuma bisa diunduh ke memori lokal saja. Anda juga bisa membagi-pakaikan konten tersebut ke pengguna lain melalui menu Share Media atau mengambilnya dari You Tube. Anda juga bisa menambahkan teks, suara, gambar dan video ke dalam kiriman tersebut.

Komunitas
RockeTalk punya komunitas sendiri di menu My communities. Anda bisa bergabung ke salah satu komunitas yang tersedia untuk bertemu dan berdiskusi dengan pengguna RockeTalk lain. Dalam komunitas tersebut Anda bisa berbagi foto, video atau audio favorit ke teman atau keluarga.

Kalau komunitas yang tersedia belum bisa memuaskan Anda, Anda bisa membuat komunitas sendiri dengan topik baru yang Anda suka. Di dalam komunitas baru tersebut Anda bisa mengajak rekan-rekan bergabung dalam komunitas yang buat untuk saling berinteraksi. Fitur komunitas ini kalau dalam dunia Internet fungsi dan cara kerjanya mirip dengan Forum. Cuma yang ini diorganisir dalam satu aplikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com