Friendster Akhirnya Dijual ke Malaysia - Kompas.com

Friendster Akhirnya Dijual ke Malaysia

Kompas.com - 10/12/2009, 16:07 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Layanan jejaring sosial Friendster akhirnya resmi dijual ke sebuah perusahaan Malaysia, MOL Global Pte Ltd. MOU Global merupakan bagian dari MOL AccessPortal Berhad yang merupakan penyedia solusi pembayaran online terbesar di Malaysia.

Pemilik saham terbesar MOL adalah Tan Sri Vincent Tan, chariman dan CEO Berjaya Corporation Berhad, konglomerasi Negeri Jiran tersebut yang punya pendapatan tahunan 1,8 miliar dollar AS. Dalam akuisisi ini, MOL akan mengambil alih 100 persen kepemilikan Friendster. MOL akan mengintegrasikan layanan jejaring sosial online tersebut dengan jaringan ritel oline-nya untuk menggarap pasar komunitas pengguna khususnya di Asia.

"Kami sedang membangun sebuah perusahaan yang unik yang akan memposisikan diri untuk menyediakan konten yang beragam, dengan basis pengguna regional, di sini di Asia Tenggara," ujar Ganesh Kumar Bangah, presiden dan CEO MOL dalam siaran persnya, Kamis (10/11). MOL akan menigntegrasikan sistem pembayaran online ke riendster dan menawarkan konten seperti game, musik, video, dan aneka barang.

MOL saat ini telah menjalin kerja sama dengan 70 produsen game online yang telah menghasilkan 200 jenis game. Selain itu, MOL juga sudah menjalin kerja sama dengan penyedia konten video, musik, dan film. Jaringan pembayarannya baik online maupun oline telah menjangkau 75 negara dengan 500.000 lokasi penjualan. Meski demikian, pangsa pasar utamanya masih Singapura, Indonesia, ilipina, Thailand, dan India.

Sebelum akuisisi ini, MOL sudah menjalin kemitraan dengan Friendster sebagai penyedia sistem pembayaran melalui the Friendster Wallet dan the Friendster Gift Shop. Layanan ini akan diperluas ke jaringan bisnis MOL termasuk franchise yang dipegang Tan Sri Vincent seperti Strabucks, 7-Eleven, Krispy Kreme, dan Wendy's.


Editorwah

Close Ads X