Kabarnya, Nexus One Dijual Langsung Google Tahun Depan

Kompas.com - 14/12/2009, 10:30 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski belum ada pernyataan resmi dari Google, ponsel rancangan Google yang diberi nama Nexus One dikabarkan akan dirilis tahun depan. Bahkan, Google disebut-sebut akan menjualnya langsung ke konsumen.

Seperti dilansir Wall Street Journal, Google berencana menjual Nexus One secara online. Penggunanya bebas menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator manapun karena ponsel tersebut tidak dikunci untuk operator tertentu (unlocked).

Jika kabar tersebut benar, Google bakal mengubah permainan bisnis smartphone. Dengan strategi ini, penyebaran ponsel berbasis Android akan semakin cepat dan bebas mengembangkan fitur-fiturnya seperti yang diinginkan tanpa didikte penyedia jaringan. Apalagi di tengah kritik para pengembang aplikasi yang kurang puas dengan hasil penjualannya di Android Market.

Namun, di lain pihak, jika hal tersebut dilakukan, Google harus bersaing langsung dengan para vendor ponsel yang telah menggunakan platform Android buatannya, seperti HTC, Motorola, Sony Ericsson, dan lainnya. Google juga harus siap ditinggalkan vendor hardware dan operator jaringan yang tidak mau bersaing langsung dengan Google.

Nexus One diproduksi oleh HTC dan bekerja dengan sistem operasi Android 2.1, versi terbaru Android yang belum dirilis ke publik. Namun, modifikasi software, aplikasi, dan tampilannya dirancang sendiri oleh Google. Kabarnya, perangkat ini menggunakan prosesor berkecepatan tinggi Snapdragon dari Qualcomm dan layar OLED (organic light emitting diode) yang menampilkan rasio kontras sangat tajam.

Google membagikan ponsel ini kepada para karyawannya di seluruh dunia mulai pekan lalu untuk menguji coba fitur dan kemampuan baru yang dibenamkan di dalamnya selama liburan Natal dan Tahun Baru 2009 ini. Meski demikian, Google enggan menjelaskan lebih rinci mengenai spesifikasi produk terasebut maupun rencananya di masa mendatang. Jadi, tunggu tanggal mainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X