Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabarnya, Nexus One Dijual Langsung Google Tahun Depan

Kompas.com - 14/12/2009, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski belum ada pernyataan resmi dari Google, ponsel rancangan Google yang diberi nama Nexus One dikabarkan akan dirilis tahun depan. Bahkan, Google disebut-sebut akan menjualnya langsung ke konsumen.

Seperti dilansir Wall Street Journal, Google berencana menjual Nexus One secara online. Penggunanya bebas menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator manapun karena ponsel tersebut tidak dikunci untuk operator tertentu (unlocked).

Jika kabar tersebut benar, Google bakal mengubah permainan bisnis smartphone. Dengan strategi ini, penyebaran ponsel berbasis Android akan semakin cepat dan bebas mengembangkan fitur-fiturnya seperti yang diinginkan tanpa didikte penyedia jaringan. Apalagi di tengah kritik para pengembang aplikasi yang kurang puas dengan hasil penjualannya di Android Market.

Namun, di lain pihak, jika hal tersebut dilakukan, Google harus bersaing langsung dengan para vendor ponsel yang telah menggunakan platform Android buatannya, seperti HTC, Motorola, Sony Ericsson, dan lainnya. Google juga harus siap ditinggalkan vendor hardware dan operator jaringan yang tidak mau bersaing langsung dengan Google.

Nexus One diproduksi oleh HTC dan bekerja dengan sistem operasi Android 2.1, versi terbaru Android yang belum dirilis ke publik. Namun, modifikasi software, aplikasi, dan tampilannya dirancang sendiri oleh Google. Kabarnya, perangkat ini menggunakan prosesor berkecepatan tinggi Snapdragon dari Qualcomm dan layar OLED (organic light emitting diode) yang menampilkan rasio kontras sangat tajam.

Google membagikan ponsel ini kepada para karyawannya di seluruh dunia mulai pekan lalu untuk menguji coba fitur dan kemampuan baru yang dibenamkan di dalamnya selama liburan Natal dan Tahun Baru 2009 ini. Meski demikian, Google enggan menjelaskan lebih rinci mengenai spesifikasi produk terasebut maupun rencananya di masa mendatang. Jadi, tunggu tanggal mainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com