Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Jurnalis Warga Yuk!

Kompas.com - 14/12/2009, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapapun bisa menjadi seorang jurnalis. Hanya dengan menulis laporan, mengambil foto, merekam suara, lalu mengunggahnya ke jaringan internet, seorang pengguna ponsel-pun bisa menjadi jurnalis online kapan saja dan di mana saja.

Hal tersebut semakin mudah dilakukan dengan layanan mobiReporter yang tersedia dalam aplikasi Mobinity.net yang diluncurkan Senin (14/12/2009) di Jakarta Convention Center. "MobiReporter, untuk citizen journalist. Ambil foto, rekam suara, tulis, upload," ujar Kendro Hendra pengembang Mobinity.net.

Selanjutnya, mobiReporter juga mampu menyebarluaskan berita yang ditulis pengguna ponsel ke ponsel pengguna Mobinity.net lainnya. Tidak hanya itu, berita yang dibuat pengguna ponsel juga dapat tampil di situs Kompas.com tepatnya di kolom infokita Kompas.com.

Untuk diketahui, Mobinity.net merupakan aplikasi On Device Portal untuk handphone berbasis symbian dan java yang menggunakan APN khusus untuk mengakses mobile internet yang disediakan oleh semua operator GSM di Indonesia sehingga pengguna handphone dapat mengakses paket data tak terbatas dengan harga murah. Selain berisi layanan mobiReporter, Mobinity.net juga menyediakan mobiFriends untuk akses facebook, mobiChat, Yahoo!Messenger, dan MSN.

Selain itu juga tersedia layanan mobiGroups untuk akses Facebook Groups, mobiNews yang memungkinkan mendapat berita lengkap dari Detik.com, Kompas.com, Republika, Seleb-TV, SonyMusic, dan The Jakarta Post.

Ditambah lagi, tersedia pula layanan mobiMarket yang memungkinkan pengguna mencari dan memasang iklan baris di berbagai portal populer seperti SMS-iklan Kompas.com dan Kaskus FJB dalam waktu dekat. Untuk mendapatkan layanan mobinity.net, warga cukup mengirim sms bertuliskan MOBI ke nomor 9800.

"Ketik MOBI kirim ke 9800. Tarifnya normal, nanti kita kasih URL untuk kemudian di-download," ujar Kendro Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com