Jadi Jurnalis Warga Yuk!

Kompas.com - 14/12/2009, 18:49 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapapun bisa menjadi seorang jurnalis. Hanya dengan menulis laporan, mengambil foto, merekam suara, lalu mengunggahnya ke jaringan internet, seorang pengguna ponsel-pun bisa menjadi jurnalis online kapan saja dan di mana saja.

Hal tersebut semakin mudah dilakukan dengan layanan mobiReporter yang tersedia dalam aplikasi Mobinity.net yang diluncurkan Senin (14/12/2009) di Jakarta Convention Center. "MobiReporter, untuk citizen journalist. Ambil foto, rekam suara, tulis, upload," ujar Kendro Hendra pengembang Mobinity.net.

Selanjutnya, mobiReporter juga mampu menyebarluaskan berita yang ditulis pengguna ponsel ke ponsel pengguna Mobinity.net lainnya. Tidak hanya itu, berita yang dibuat pengguna ponsel juga dapat tampil di situs Kompas.com tepatnya di kolom infokita Kompas.com.

Untuk diketahui, Mobinity.net merupakan aplikasi On Device Portal untuk handphone berbasis symbian dan java yang menggunakan APN khusus untuk mengakses mobile internet yang disediakan oleh semua operator GSM di Indonesia sehingga pengguna handphone dapat mengakses paket data tak terbatas dengan harga murah. Selain berisi layanan mobiReporter, Mobinity.net juga menyediakan mobiFriends untuk akses facebook, mobiChat, Yahoo!Messenger, dan MSN.

Selain itu juga tersedia layanan mobiGroups untuk akses Facebook Groups, mobiNews yang memungkinkan mendapat berita lengkap dari Detik.com, Kompas.com, Republika, Seleb-TV, SonyMusic, dan The Jakarta Post.

Ditambah lagi, tersedia pula layanan mobiMarket yang memungkinkan pengguna mencari dan memasang iklan baris di berbagai portal populer seperti SMS-iklan Kompas.com dan Kaskus FJB dalam waktu dekat. Untuk mendapatkan layanan mobinity.net, warga cukup mengirim sms bertuliskan MOBI ke nomor 9800.

"Ketik MOBI kirim ke 9800. Tarifnya normal, nanti kita kasih URL untuk kemudian di-download," ujar Kendro Hendra.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X