Telia Sonera Perluas Layanan 4G/LTE ke Oslo

Kompas.com - 01/01/2010, 21:33 WIB
Editorwah

OSLO, KOMPAS.com - Setelah menggelar layanan telekomunikasi generasi keempat (4G) menggunakan teknologi LTE (long term evolution) di Stockholm, Swedia, operator telekomunikasi Telia Sonera memperluas layanan ke Oslo, Norwegia. Jika di Swedia menggandeng Ericsson, di Norwegia, Huawei yang digandeng.

Layanan 4G ini menawarkan kecepatan maksimum hingga 100Mb/detik dan lebih cepat 10 kali dari jaringan 3G yang ada. Pelanggan TeliaSonera menjadi yang pertama di dunia yang menikmati layanan mobile broadband secara terus-menerus, seperti high definition (HD) video conferencing dalam ruang lingkup mobile serta beragam program HD video lewat berbagai perangkat-perangkat terminal; aplikasi-aplikasi yang tidak dapat dijalankan dalam jaringan 3G saat ini.

"Berkat keberhasilan kerjasama kami dengan Huawei, kami dapat menawarkan 4G kepada para pelanggan di Oslo, lebih cepat dari yang kami rencanakan," kata Mr. Kenneth Karlberg, Presiden dan Direktur Mobility Services TeliaSonera dalam siaran persnya. Perlu diketahui Telia Sonera merupakan penyedia layanan LTE komersial pertama di dunia.

Sebagai penyedia terkemuka untuk solusi-solusi 4G/LTE end-to-end, Huawei telah menghadirkan infrastruktur jaringan dan layanan bagi TeliaSonera, seperti jaringan akses, jaringan utama, sistem pendukung operasional, serta perencanaan dan optimisasi jaringan. Hal ini sebagai bukti base station generasi keempat dan solusi SAE (System Architecture Evolution) memastikan stabilitas jaringan dan memungkinkan penggelaran yang cepat.

Presiden Huawei Eropa Yu Chengdong menyatakan untuk menggarap jaringan LTE TeliaSonera di Oslo, Huawei melakukan uji coba sejak sebelas bulan yang lalu. "Gebrakan yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat ini, membuktikan komitmen Huawei yang kuat dalam mempercepat komersialisasi solusi LTE/SAE. Operator-operator seperti TeliaSonera, saat ini dapat mengambil manfaat ekonomi yang sebenarnya dari berbagai aplikasi baru yang hanya dapat dijalankan pada layanan broadband kecepatan tinggi," ujarnya.

Saat ini, Huawei telah membangun lebih dari 25 LTE komersial dan melakukan ujicoba jaringan serta memberikan lebih dari 3.300 kontribusi LTE/SAE untuk 3GPP (3rd Generation Partnership Project).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.