Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Bertekad Geser BMW dengan 8 Model Baru

Kompas.com - 02/01/2010, 09:00 WIB

WOLFSBURG, KOMPAS.com — Pabrik mobil terbesar di Jerman, Volkswagen AG, siap menantang merek senegaranya, Bayerische Motoren Werke AG (BMW). Mereka menyiapkan delapan model baru dengan mengandalkan produk dari grupnya, Audi, sebagai senjata untuk menyaingi pabrikan mobil mewah terbesar di dunia tersebut hingga 2015.

Sebagai persiapan, Audi menyatakan akan menambah investasi senilai 7,3 miliar euro (sekitar Rp 98,7 triliun). Selain untuk mengembangkan model baru, langkah ini sekaligus meningkatkan kualitas pabrik saat produksi mulai dilaksanakan pada 2012. Demikian dikutip gasgoo.com, jelang tutup tahun. Dari jumlah itu, 5,9 miliar euro digunakan untuk menciptakan model baru atau menyerap hingga 81 persen total anggaran periode empat tahun sejak tahun 2009.

Kucuran dana segar tersebut merupakan bagian dari rencana induk perusahaan VW yang bermarkas di Wolfsburg untuk menjadi pabrikan otomotif dominan di dunia. Saat ini, Audi memiliki total 34 model kendaraan dan akan bertambah menjadi 42 model pada 2015. Sekadar informasi, saat ini Audi berada di bawah BMW dan Daimler AG Mercedes-Benz.

"BMW dan Mercedes harus mulai memandang Audi lebih serius lagi. Volkswagen saat ini mengeluarkan uang banyak di Audi untuk menjadi produsen mobil premium terbaik. Mungkin Mercedes bisa kehilangan posisi kedua awal tahun depan," ujar Ferdinand Dudenhoeffer, Direktur Pusat Penelitian Otomotif di Universitas Duisburg-Essen, di Jerman.

Beberapa model baru milik Audi itu termasuk A1, yang akan diperkenalkan ke pasar pada pertengahan 2010. Produk ini menjadi model termurah Audi sekaligus senjata rahasia pabrikan di saat BMW tengah mengembangkan kendaraan kecil kaum urban dan Mercedes-Benz akan berinvestasi 1,4 miliar euro, juga untuk mobil kecil.

Selain itu, pabrikan juga akan meluncurkan model lain bergenre coupe luxury, yakni A7. Mobil ini nantinya akan head to head dengan BMW Seri 6 dan Mercedes-Benz CLS. Akhir 2010, Audi sudah mulai menjual versi hybrid dari SUV Q5. Untuk kemajuan teknologi, Audi akan mulai memproduksi mobil sport bertenaga listrik E-tron akhir 2012.

"Perkembangan kendaraan listrik dan hybrid akan menjadi fondasi utama pertumbuhan perusahaan kita. Investasi yang dilakukan keluar dari aliran dana dalam perusahaan sendiri," ujar Direktur Keuangan Audi Axel Strotbek.

Audi telah menaikkan target penjualannya tahun ini menjadi 2,8 persen atau 925.000 unit pada November lalu karena peningkatan penjualan di China. Pada 2016, pabrikan bertekad akan mampu mencapai angka penjualan global 1,5 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com