Menyusul Nexus One, Keluar SDK Android 2.1

Kompas.com - 12/01/2010, 22:10 WIB
Editorwah

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Tak sampai sepekan setelah meluncurkan Nexus One, Google merilis software development kit (SDK) Android 2.1. Nexus One merupakan ponsel pertama rancangan Google sendiri dan perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi Android 2.1.

Seperti ditulis dalam Android Developers Blog, tim pengembang Google sengaja merilis SDK tersebut seawal mungkin sebelum Android 2.1 digunakan banyak perangkat di pasaran. Dengan demikian, para pengembang aplikasi dapat mengutak-atik untuk menciptakan bermacam aplikasi yang mendukung.

Meski Google menyebut Android 2.1 hanya rilis minor dan tidak terlalu berbeda jauh dengan 2.0, banyak fitur tambahan yang ditawarkan. Antara lain pengenal suara, live wallpaper, launcher baru, home screen lebih banyak, dan perubahan pada WebKit. Kecepatan loading-nya juga lebih kencang daripada 2.0.

Jika saat ini baru Nexus One, perangkat lain buatan vendor berbeda sudah berancang-ancang menggunakan versi terbaru platform berbasis open source tersebut. Motorola Droid yang kini menggunakan 2.0 juga bisa menggunakannya segera.

Selain SDK Android 2.1, Google juga mengumumkan ketersediaan USB manager yang mendukung Nexus One. Fasilitas ini kelak dapat dimanfaatkan untuk memudahkan komunikasi dengan berbagai perangkat lain dan aksesoris seperti docking station atau PC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X