Armani "Sah-sah Saja" Pakai Lambang Garuda

Kompas.com - 26/01/2010, 10:03 WIB
EditorGlo

JAKARTA, KOMPAS.com — Penggunaan gambar garuda yang mirip lambang negara Indonesia dalam desain terbaru kaus Giorgio Armani tak perlu dipersoalkan. Hal itu dikatakan anggota DPR asal Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, Selasa (26/1/2010) di Gedung DPR, Jakarta.

Bambang memandang, penggunaan garuda dalam salah satu produksi desainer kondang itu justru memberikan kebanggaan. "Bagus dong, artinya lambang Garuda kita sudah diakui internasional. Sama juga kan dengan AS yang lambang negaranya juga dibuat kaus," ujar Bambang.

Ia melihat, desain itu merupakan salah satu strategi dagang Armani. "Armani itu kan kita kenal selalu melakukan inovasi. Mungkin dia mau cari pasar di sini, di Asia atau Eropa juga. Kan bisa jadi sebagai konsumsi negara maju yang gandrung dengan produksi negara Asia," katanya.

Penggunaan lambang negara tersebut, menurut dia, sah-sah saja sepanjang tak ada unsur pelecehan. Dan, tak perlu izin untuk penggunaannya. "Lambang negara ketika sudah diciptakan menjadi milik dunia, tidak perlu izin. Asal jangan dilecehkan, misalnya gambar-gambarnya diganti dengan yang tak pantas," kata Bambang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X