Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Armani "Sah-sah Saja" Pakai Lambang Garuda

Kompas.com - 26/01/2010, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penggunaan gambar garuda yang mirip lambang negara Indonesia dalam desain terbaru kaus Giorgio Armani tak perlu dipersoalkan. Hal itu dikatakan anggota DPR asal Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, Selasa (26/1/2010) di Gedung DPR, Jakarta.

Bambang memandang, penggunaan garuda dalam salah satu produksi desainer kondang itu justru memberikan kebanggaan. "Bagus dong, artinya lambang Garuda kita sudah diakui internasional. Sama juga kan dengan AS yang lambang negaranya juga dibuat kaus," ujar Bambang.

Ia melihat, desain itu merupakan salah satu strategi dagang Armani. "Armani itu kan kita kenal selalu melakukan inovasi. Mungkin dia mau cari pasar di sini, di Asia atau Eropa juga. Kan bisa jadi sebagai konsumsi negara maju yang gandrung dengan produksi negara Asia," katanya.

Penggunaan lambang negara tersebut, menurut dia, sah-sah saja sepanjang tak ada unsur pelecehan. Dan, tak perlu izin untuk penggunaannya. "Lambang negara ketika sudah diciptakan menjadi milik dunia, tidak perlu izin. Asal jangan dilecehkan, misalnya gambar-gambarnya diganti dengan yang tak pantas," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com