Apple "Tablet" Kemungkinan Diluncurkan Hari Ini

Kompas.com - 27/01/2010, 19:51 WIB
Editorwah

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Banyak pengamat meyakini kalau Apple bakal meluncurkan perangkat tablet, gadget berlayar lebar dengan layar sentuh, hari ini di San Francisco, AS, atau Kamis dini hari WIB. Seperti biasa, rumornya beredar jauh-jauh hari dan tak ada bocoran apa pun dari manajemen Apple.

Apple hanya menyebut "datang dan lihat kreasi baru kami" dalam undangan konferensi pers yang akan digelar di the Yerba Buena Center for the Arts Theater, San Francisco, Rabu (27/1/2010) pukul 10.00 waktu setempat.

Spekulasi mengenai tablet Apple sebanarnya sudah berlangsung sejak bertahun-tahun. Namun hal ini semakin gencar dalam sebulan terakhir. Bahkan, para pesaingnya sudah berancang-ancang lebih dulu dengan merilis produk sejenis tablet, seperti Microsoft dan HP, yang memperkenalkan produk sejenis dalam Computer Electronics Show 2010 atau CES 2010. CEO Microsoft Steve Ballmer menyebutnya sebagai slate, kategori baru perangkat jinjing.

Seperti dilansir Computerworld, Gene Munster dari Piper Jaffray & Co, yang rajin melacak sepak terjang Apple, mengatakan bahwa produk tersebut kemungkinan mirip iPod Touch tetapi dengan ukuran lebih besar sekitar 10 inci. Sistem operasinya bisa Mac OSX untuk layar sentuh, iPhone OS versi baru, atau bahkan sistem operasi baru yang mirip iPhone.

Berdasarkan rumor, nama untuk perangkat tablet itu pun beragam, dari iTablet, Apple Tablet, iSlate, iPad, Apple Slate, hingga Canvas.

Jika benar bahwa yang diluncurkan adalah tablet, maka hal tersebut sesuai dengan visi CEO Apple Steve Jobs. Dua tahun lalu, saat netbook mulai diperkenalkan sebagai kategori baru perangkat komputer jinjing, Steve Jobs dengan tegas menyatakan bahwa Apple tidak tertarik masuk dalam pasar tersebut.

"Kami akan tunggu dan lihat bagaimana kategori baru muncul dan berkembang. Kami memiliki banyak ide menarik jika memang hal tersebut berkembang," ujar Steve Jobs waktu itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.