Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Software "Ngebet" Bikin Aplikasi Apple Tablet

Kompas.com - 27/01/2010, 21:07 WIB

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Belum juga diluncurkan, para pengembang piranti lunak dilaporkan sudah ngebet, pengin buru-buru, membuat aplikasi untuk perangkat yang disebut-sebut akan diluncurkan, Rabu (27/1/2010) di San Francisco, AS. Demikian hasil survei yang dilakukan Appcelerator seperti dilansir Computerworld.

"Para pengembang begitu antusias terhadap tablet tersebut," ujar Scott Schwarzhoff, head of marketing Appcelerator, yang merupakan salah satu produsen alat pengembangan software. Ia mengatakan hasil survei terhadap 550 pengembang, 90 persen menyatakan sangat tertarik membuat aplikasi di tablet buatan Apple.

Bahkan tingkat ketertarikan para pengembang terhadap tablet buatan Apple tetap tinggi meski masih sebatas rumor dan belum diungkapkan secara detil spesifikasinya. Saat disandingkan dengan perngkat lainnya, tablet berada di urutan ketiga. iPhone di urutan pertama dengan 86 persen, Android 68 persen, dan tablet 58 persen. Angka yang didapat tablet lebih dari dua kali lipat minat pengembang terhadap BlackBerry yang hanya 21 persen.

Appcelerator berencana akan segera memasukkan API (application programming interface) untuk core tablet tersebut di framework Titanium buatannya begitu Apple mengumumkan SDK (standard kit development) yang diperkirakan akan dirilis bersamaan saat peluncuran tablet. Framework yang disediakan Appcelerator memungkinkan para pengembang web membuat aplikasi menggunakan JavaScript, HTML, dan CSS jalan di berbagai platform.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com