Pengembang Software "Ngebet" Bikin Aplikasi Apple Tablet

Kompas.com - 27/01/2010, 21:07 WIB
Editorwah

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Belum juga diluncurkan, para pengembang piranti lunak dilaporkan sudah ngebet, pengin buru-buru, membuat aplikasi untuk perangkat yang disebut-sebut akan diluncurkan, Rabu (27/1/2010) di San Francisco, AS. Demikian hasil survei yang dilakukan Appcelerator seperti dilansir Computerworld.

"Para pengembang begitu antusias terhadap tablet tersebut," ujar Scott Schwarzhoff, head of marketing Appcelerator, yang merupakan salah satu produsen alat pengembangan software. Ia mengatakan hasil survei terhadap 550 pengembang, 90 persen menyatakan sangat tertarik membuat aplikasi di tablet buatan Apple.

Bahkan tingkat ketertarikan para pengembang terhadap tablet buatan Apple tetap tinggi meski masih sebatas rumor dan belum diungkapkan secara detil spesifikasinya. Saat disandingkan dengan perngkat lainnya, tablet berada di urutan ketiga. iPhone di urutan pertama dengan 86 persen, Android 68 persen, dan tablet 58 persen. Angka yang didapat tablet lebih dari dua kali lipat minat pengembang terhadap BlackBerry yang hanya 21 persen.

Appcelerator berencana akan segera memasukkan API (application programming interface) untuk core tablet tersebut di framework Titanium buatannya begitu Apple mengumumkan SDK (standard kit development) yang diperkirakan akan dirilis bersamaan saat peluncuran tablet. Framework yang disediakan Appcelerator memungkinkan para pengembang web membuat aplikasi menggunakan JavaScript, HTML, dan CSS jalan di berbagai platform.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.