Wow... 49 Website Anggota DPR AS Dikerjai Hacker Brazil

Kompas.com - 01/02/2010, 08:49 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pidato kenegaraan pertama Presiden Barack Obama di depan Parlemen AS disambut serangan hacker ke sejumlah website anggota parlemen. Sebanyak 49 website milik anggota DPR AS (House of Representative) dikerjai hacker tak lama setelah pidato Obama disampaikan Rabu (27/1/2010) pekan lalu.

Halaman muka website-website itu tiba-tiba berubah menjadi latar belakang putih dan hanya menampilkan satu baris tulisan yang mengecam Barack Obama. Tulisan yang ditinggalkan juga menyebut mereka dengan nama Red Eye Crew, kelompok hacker yang sudah terkenal dari Brazil.

Menurut laporan yang dilansir PC Magazine, website-website yang diserang semuanya dikelola GovTrends. Peristiwa penyerangan yang disebut deface (pengubahan wajah) seperti ini pernah dialami situs GovTrends pada Agustus 2009 lalu.

Atas serangan tersebut, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Ketua Partai Republik John Boehner meminta pengusutan tuntas bagaimana serangan tersebut bisa terjadi. Sebagai catatan, dalam kasus tersebut, anggota DPR pemilik website memang tidak pernah mengubah password yang diberikan admin sejak awal.

DPR AS juga menyalahkan GovTrends atas insiden ini. Sebab, menurut laporan awal DPR AS, serangan tersebut di website yang dikelola perusahaan yang sebelumnya memiliki kelemahan dalam hal keamanan. Apakah ini juga harus menjadi pelajaran bagi DPR AS untuk memilih vendor yang handal?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X