Google Tak Lagi Dukung Internet Explorer 6

Kompas.com - 01/02/2010, 09:25 WIB
Editorwah

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com — Google menyatakan diri menghentikan dukungan terhadap Internet Explorer 6 atau IE6 dan browser-browser web tua. Mulai 1 Maret 2010, situs Google dan sejumlah layanannya tidak lagi bisa tampil dengan browser-browser tersebut.

"Banyak perusahaan lain yang sudah menghentikan dukungan terhadap browser lama seperti Internet Explorer 6.0, termasuk browser yang sudah tidak didukung perusahaan pembuatnya. Kami juga mulai meninggalkan dukungan kami, dimulai dari Google Docs dan Google Sites," ujar Rajen Sheth, Google Apps Senior Product Manager dalam blog enterprise Google.

Sebelumnya, situs Ars Technica melansir, sejak Agustus 2009, Google menyatakan akan mengakhiri dukungan IE6 untuk layanan YouTube dan jejaring sosialnya, Orkut. Saat pengguna IE6 mengunjungi dua layanan tersebut, mereka akan diperingatkan untuk segera beralih ke browser terbaru, seperti IE8, Chrome, dan Firefox.

Sheth mengatakan bahwa teknologi web telah berkembang pesat dalam sepuluh tahun terakhir dari basis teks hingga aplikasi yang interaktif dan kaya dengan video dan suara. Browser yang sudah terlalu kuno tidak dapat menjalankan fitur-fitur baru tersebut. Tahun ini menurutnya akan banyak terobosan dalam layanan aplikasi Google dan pihaknya ingin memastikan semua pengguna internet untuk dapat menikmatinya.

"Jadi, manfaatkan kesempatan untuk beralih ke browser terbaru yang sudah tersedia," ujarnya. Beberapa browser yang disarankan Google antara lain minimal Internet Explorer 7.0, Mozilla Firefox 3.0, Google Chrome 4.0, dan Safari 3.0.

Sebelumnya, Microsoft sendiri mengakui bahwa IE6 sudah tak layak dan banyak kelemahan sehingga mendesak penggunanya segera beralih ke versi yang lebih baru. terakhir kali Microsoft merilis patch terhadap celah kelemahan di IE6 yang diduga menjadi pintu bagi peretas untuk menyerang infrastruktur Google dan puluhan perusahaan besar di AS lainnya. Meskipun demikian, Microsoft tetap memberikan dukungan patch untuk IE6 sampai 8 April 2014.

Jadi, apakah Anda masih bertahan menggunakan IE6?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.