Bapak Linux Kepincut Nexus One

Kompas.com - 09/02/2010, 19:57 WIB
Editorwah

SANTA CLARA, KOMPAS.com - Tak hanya pendiri Apple, Steve Wozniak, yang menggandrungi Nexus One. Bapak Linux, Linus Torvalds, pencipta platform berbasis open source itu juga kepincut ponsel buatan Google itu.

"Saya jatuh hati dan membeli Nexus One minggu lalu," kata Torvalds dalam blognya yang ditulis Sabtu (6/2/2010) lalu. Namun, bukan Torvalds kalau jatuh hati pada pandangan pertama. Ia mengatakan alasan saat memesan lewat internet karena hanya tertarik layanan peta dan navigasi karena sedang membutuhkan perangkat GPS untuk mobilnya.

Torvalds sebenarnya selama ini benci ponsel. Menurutnya, ponsel adalah barang yang tidak banyak gunanya dan malah mengganggu. "Saya secara umum membenci ponsel karena bikin ribet dan mengganggu saat bekerja, membaca, atau melakukan segala sesuatu," kata Torvalds.

Ia mengaku telah mencoba ponsel android pertama, G1, langsung dari Google saat diluncurkan pertama kali, namun tak membuatnya gandrung. Bahkan, G1 kini hanya digunakan untuk bermain game Galaga dan Solitaire. Itu pun sebagai pengisi waktu di pesawat saat melancong.

Tapi, di sisi lain, Torvalds tak menutupi bahwa ia suka konsep ponsel dengan sistem operasi Linux. Ia juga mengoleksi ponsel-ponsel berplatform Linux selama beberapa tahun terakhir, antara lain buatan Motorola yang khusus dipasarkan di China. Tapi, lagi-lagi, perangkat itu tak bisa memuaskannya.

"Tapi, saya harus mengakui bahwa Nexus One merupakan pemenangnya," ujar Torvalds. Dengan Nexus One, ia mengaku tak lagi merasa terbebani ponsel saat membawanya. Bahkan, Torvalds merasa membutuhkannya untuk terus berhubungan dengan orang lain.

"Saya kini memiliki gadget yang berguna dan tampilannya bagus. Bahkan, bisa digunakan untuk menelepon juga sebagai bonusnya," tandas Torvalds.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X