Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serang Safari, Opera Mini Invasi iPhone

Kompas.com - 10/02/2010, 21:03 WIB

OSLO, KOMPAS.com — Sukses menyediakan browser untuk perangkat ponsel berbasis Java hingga membuatnya menjadi paling populer, Opera kini mulai berekspansi ke sejumlah platform yang mulai naik daun. Tak hanya merambah Symbian dan Windows Phone, mereka juga menggarap Android dan iPhone.

Opera Software yang berpusat di Oslo, Norwegia, berencana mengumumkan Opera Mini untuk iPhone pada preview eksklusif kepada pers dan mitra kerja pada Mobile World Congress (MWC) 2010 di Barcelona, 15-16 Februari 2010. Opera Mini yang dapat dipakai di hampir semua ponsel standar yang mendukung Java itu kini sudah tersedia untuk ponsel Symbian dan BlackBerry.

Berdasarkan hasil tes, Opera Mini untuk iPhone diklaim enam kali lebih cepat dari browser bawaannya, Safari, dan dapat menghemat hingga 90 persen data per MB. Hal ini karena Opera Mini didukung teknologi kompresi yang sangat efektif sehingga mampu memuat halaman web lebih cepat dan mengurangi biaya penggunaan data. Dengan fitur favorit yang ada pada desktop, seperti Tab, Panggil Cepat, dan Pengelola Kata Sandi, Opera Mini dirancang untuk mempermudah penjelajahan web.

"Ini adalah kesempatan unik untuk memperkenalkan kecepatan Opera Mini, browser yang kaya akan fitur, untuk memberikan pengalaman terbaik saat menggunakan web pada iPhone. Ini juga merupakan kesempatan untuk memamerkan versi beta terbaru dari Opera Mobile dan Opera Mini pada platform dan perangkat lainnya. Misi Opera Mini adalah untuk membawa web ke dunia. Dengan menyediakan Opera Mini pada platform lain, kami pun selangkah lebih dekat untuk mencapai cita-cita itu," ujar Jon von Tetzchner selaku pendiri Opera Software dalam rilis untuk pers, Rabu (11/2/2010).

Pada pergelaran MWC tersebut, Opera juga akan memamerkan Opera Mobile 10 beta 3 untuk perangkat Symbian S60 dan Windows Mobile, Opera Mobile 10 beta untuk Android, Opera Mini 5 beta untuk beberapa perangkat dan platform, dan Opera Widgets Manager beta lintas platform untuk perangkat Windows Mobile dan S60.

Opera Mini untuk iPhone menggunakan versi Opera Mini 5 Beta. Untuk sementara, perangkat lunak ini masih belum tersedia untuk publik. Kira-kira, apakah Opera Mini bisa menumbangkan Safari?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com