Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Mini Pakai Kunci Rahasia iPhone

Kompas.com - 16/02/2010, 15:29 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Tak diizinkan Apple membuat browser di bursa aplikasinya bukan penghalang bagi Opera untuk menanamkan Opera Mini ke iPhone. Cara lain pun dilakoni agar layanan pengakses internet tersebut bisa dinikmati para pengguna iPhone, bahkan bersaing dengan Safari, browser bawaan Apple.

Sejauh ini Apple memang melarang browser web lain untuk bisa dibuat di perangkat smartphone-nya itu. Semua aplikasi berlabel browser yang dijajakan di App Store saat ini sesungguhnya hanya skin atau plug in yang menggunakan Safari sebagai browser di dalamnya.

Namun, beda dengan Opera Mini untuk iPhone yang baru diperkenalkan prototipenya dalam Mobile World Congress (MWC) 2010 di Barcelona, Spanyol. Opera Mini bisa bekerja di iPhone karena punya "kunci rahasia". Pada dasarnya, Opera Mini bukan browser, melainkan mesin pemroses data dengan format kompresi sangat tinggi.

"Apa yang kami lakukan adalah membawa Opera Mini dan port dari Java ke bawaan aplikasi iPhone," ujar Igor Natto, manajer produk Opera, seperti dilansir PC Magazine. Saat pengguna mengakses Opera Mini, perintah tersebut akan dikirim ke server Opera yang kemudian akan melakukan browsing sesungguhnya.

Dengan pemanfaatan mesin yang disebut OBML dan kompresi data tersebut, pengalaman berinternet bisa lebih cepat. Transfer data bisa diturunkan 80-90 persen dibandingkan dengan web standar tanpa kompresi. "Kami pikir Apple sadar manfaat Opera Mini bagi penggunanya," kata Igor Natto.

Ia mengatakan, Opera Mini bisa menjadi solusi penghematan bagi pengguna iPhone yang menyedot konten multimedia sangat besar di internet. Bayangkan saja, konten dengan ukuran data 1 megabyte bisa dikompresi menjadi 200 kilobyte.

Sejauh ini aplikasi Opera Mini memang tak bisa melakukan zooming dengan teknik cubitan dua ujung jari (pinch to zoom). Namun, Opera Mini sudah cukup nyaman digunakan karena menampilkan sebuah web dengan tampilan penuh dan menyediakan pilihan satu langkah untuk perbesaran ukuran sesungguhnya.

"Kalau Apple mengizinkan pinch to zoom, kami akan mengimplementasikannya," ujar Natto. Opera Mini untuk iPhone memiliki fitur seperti Opera Mini 5 seperti tab untuk akses lebih dari satu halaman dan speed dial yang menampilkan halaman favorit saat browser dibuka.

Sejauh ini Opera Mini untuk iPhone belum tersedia di App Store. Tunggu saja, apakah kira-kira jalan Opera Mini akan mulus?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com