Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ericsson Tinggal Tunggu Pemerintah Saja

Kompas.com - 06/03/2010, 15:13 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Era mobile broadband di dunia mulai bergeser dari 3G ke Long Term Evolution (LTE) atau 4G. Ericsson Indonesia sendiri mengaku siap untuk menggelar trial di Indonesia. Namun agak sulit, ketika ijin dari pemerintah belum keluar. Lagipula, jalur frekuensinya sudah dijual pemerintah ke sejumlah televisi berlangganan.

"Yang paling penting adalah kebijakan dari pemerintah dan kemauan untuk mengatur kembali jalur frekuensi," tutur President and Country Manager Ericsson Indonesia Arun Bansal di sela acara Media Workshop Ericsson dan Gathering di Hotel Sheraton Bandung, Sabtu (6/3/2010).

Dalam satu tahun terakhir, Arun mengaku sudah menjajaki komunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta sejumlah operator besar di Indonesia untuk uji coba jaringan berkecepatan tinggi ini.

Sejumlah faktor signifikan pun harus terus dipertimbangkan, seperti ijin dari pemerintah dan permintaan dari operator. Kesiapan Ericsson sendiri mencapai 100 persen karena di sejumlah negara di belahan dunia lain, jaringan ini sedang dalam tahap pengembangan. "Kami siap, sangat siap. Peralatan trial kami itu kan ada di dalam satu container. Jadi kalau yang lain oke, tinggal kirim itu dari Swedia," tegasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com