Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sex.com Batal Dilelang

Kompas.com - 19/03/2010, 20:05 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Domain internet yang diperkirakan bakal laku dengan harga sangat tinggi, Sex.com, batal dilelang sesuai rencana, Kamis (18/3/2010) waktu New York, AS. Hal ini terjadi lantaran perusahaan yang memiliki situs tersebut digugat bangkrut oleh tiga krediturnya, Rabu (17/3/2010).

Gugatan bangkrut tersebut dilayangkan oleh Washington Technology Associates, iEntertainment Inc, dan AccountingMatters.com yang mengklaim punya piutang 10,1 juta dollar AS atas Escom LLC, pemilik situs tersebut. Ketiganya sengaja mendaftarkan petisi bangkrut agar alamat domain tersebut tidak jadi dilelang.

Sesuai hukum di AS, perusahaan punya waktu 20 hari untuk menjawab petisi bangkrut yang dilayangkan kepadanya. Begitu petisi tersebut didaftarkan ke pengadilan, aset perusahaan tidak boleh diambil alih pengutang sehingga lelang sementara bisa digagalkan.

"Itu adalah domain paling bernilai di dunia. Lelang sama saja membuang aset domain yang paling berharga saat ini," kata Mike Mann, salah satu investor dari tiga kreditur tersebut.

Escom LLC dikabarkan membeli domain Sex.com antara 12 juta dollar AS dan 14 juta dollar AS pada tahun 2006 dari Gary Kremen, pemilik pertama yang mendaftarkan nama tersebut sejak tahun 1994. Dana untuk membeli domain diperoleh dari pinjaman yang diberikan DOM Partner LLC dan para kreditur tersebut.

Sudah setahun Escom gagal menyelesaikan pinjaman tersebut sehingga DOM Partner mengajukan sita aset. DOM Partner kemudian berencana melelang Sex.com dengan harga pembukaan 1 juta dollar AS melalui Maltz & Co Inc di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com